Sudah 3.586 Warga Karanganyar Terima Vaksin Covid-19 di Tahap II
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. (Freepik.com)

Solopos.com, KARANGANYAR  -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Karanganyar sudah memvaksin 3.586 orang menggunakan vaksin Covid-19 yang didistribusikan pada tahap dua lalu.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar mendapatkan jatah 9.000 dosis vaksin Covid-19 pada tahap dua. Sebanyak 9.000 dosis itu akan digunakan memvaksin 4.500 orang. Asumsinya satu orang mendapatkan dua dosis vaksin Covid-19.

Tim dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar mengambil 9.000 dosis vaksin Covid-19 ke Dinkes Provinsi Jawa Tengah (Jateng) pada Senin (22/2/2021) pukul 06.30 WIB.

Baca juga: 10 Berita Terpopuler : Kecelakaan Motor Bronjong Vs Truk di Gedangan Sukoharjo

Sekretaris Dinkes Kabupaten Karanganyar, Purwati, menuturkan Pemkab Karanganyar sudah memvaksin 3.586 orang dari target 4.500 orang pada tahap kedua. Data tersebut dikumpulkan Dinkes Kabupaten Karanganyar hingga Minggu (28/2/2021).

"Sebanyak 9.000 dosis vaksin [untuk 4.500 orang] itu sudah kami suntikkan kepada 3.586 orang. Kami masih terus berproses untuk vaksinasi. Akan segera saya selesaikan untuk vaksinasi tahap dua itu pada pekan ini," ujar Purwati saat ditemui wartawan, Selasa (2/3/2021).

Petugas Secara Teliti

Purwati kembali menyampaikan bahwa vaksin Covid-19 menggunakan kemasan multi-dose. Sehingga, petugas yang menyuntikkan vaksin harus berhitung secara teliti saat menggunakan vaksin.

Baca juga: Telan Rp24,5 Miliar, Mal Pelayanan Publik Akan Dibangun Di Belakang Menara Wijaya Sukoharjo

Satu vial atau botol vaksin harus digunakan sepuluh orang atau sepuluh dosis.

"Kalau tidak ada genap 10 orang, kami harus mencari orang. Ada beberapa kemarin yang saya telepon mendadak. Itu supaya vaksin tidak terbuang. Eman-eman kalau terbuang. Sehingga kami carikan sasaran lain biar tidak terbuang," jelasnya.

Dia memastikan setiap orang yang sudah terdata akan mendapatkan vaksin Covid-19 secara bertahap.

Baca juga: Warga Sikka NTT di Kerumunan Jokowi di Rapid Tes Antigen, Ini Hasilnya

Prioritas vaksinasi tahap dua adalah tenaga kesehatan dan petugas pelayan publik.

"Sabar nanti akan tiba gilirannya. Tahap dua ini dimulai Februari hingga Mei," jelasnya.

Pemkab Karanganyar mendapatkan dua kali pengiriman vaksin Covid-19. Pada tahap satu, Kabupaten Karanganyar mendapatkan 6.960 dosis. Pada pengiriman kedua mendapatkan 9.000 dosis.

Baca juga: Perpres Miras Jokowi Dieliminasi, Begini Industri Miras Sebenarnya...



Berita Terkini Lainnya








Kolom