SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, WONOGIRI – Kebakaran yang terjadi di Desa Kepatihan, Selogiri, Wonogiri, masih berlangsung hingga pukul 11.00 WIB. Api membakar lahan seluas kurang lebih 25 hektare dengan pepohonan dan semak belukar itu sudah lebih dari 24 jam berlangsung dengan cakupan lahan yang semakin luas.

Sejak api diketahui kali pertama, Sabtu (10/8/2019) sekitar pukul 09.00 WIB hingga petang, lahan yang terbakar diperkirakan mencapai 20 hektare (ha).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut informasi awal, titik api berasal dari Desa Kedungsono, Sukoharjo, yang kemudian menjalar ke timur ke Desa Kepatihan, Selogiri, Wonogiri.

Mengenai penyebab kebakaran tersebut, Kepala UPTD Pemadam Kebakaran Satpol PP Wonogiri, Joko Santoso, mengatakan kecil kemungkinannya lahan terbakar dengan sendirinya. “Faktor penyebab kebakaran bisa karena kelalaian manusia seperti membakar sampah di kebun tanpa diawasi sehingga api menjalar ke hutan,” jelas Joko.

Pantauan Solopos.com di lokasi, asap masih mengepul di salah satu bagian lereng gunung. Menurut warga lokasi tersebut tak bisa dijangkau dengan jalan kaki, terlebih dengan kendaraan. Alhasil, warga hanya bisa pasrah tetapi tetap waspada.

  • Asap terlihat dari kejauhuan masih mengepul di salah satu bagian lereng gunung. (Rudi Hartono/Solopos)

Warga setempat, Tarno, 61, mengatakan kebakaran di kawasan hutan itu terjadi hampir setiap kemarau. Warga tak ada yang mengetahui penyebabnya. Namun, menurut dia kemungkinan kecil api muncul dengan dengan sendirinya tanpa campur tangan manusia.

Sementara itu, kebakaran di hutan negara petak No. 1-4 RPH Cubluk BKPH Wonogiri sudah dapat diatasi. Api membakar pepohonan di lahan seluas lebih kurang 5 ha.

Upaya pemadaman sempat dihentikan mengingat kondisi wilayah yang tidak memungkinkan dijangkau pada malam hari. Pemadaman akan dilanjutkan besok, namun tim pemadam dan warga tetap berjaga untuk memantau situasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya