SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, BATANG — Dinas Kesehatan Kabupaten Batang menemukan 14 kasus demam berdarah dengue selama tiga pekan terakhir sejak awal Januari 2019. Masyarakat Batang diimbau waspada terhadap serangan penyakit itu.

Kepala Dinkes Batang Hidayah Basbeth mengatakan untuk mengantisipasi penyakit tersebut, Dinkes telah melakukan berbagai upaya seperti kampanye dan sosialisasi pemberatasan sarang nyamuk (PSN) dan fogging. “Meski jumlah kasus DBD cenderung meningkat namun belum sampai menimbulkan korban jiwa. Target kami pada 2019 ini sebisa mungkin tidak ada korban yang meninggal karena kasus DB,” katanya di Batang, Jawa Tengah, Selasa (22/1/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hidayah Basbeth yang didampingi Kepala Seksi Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular (P2PM) Farikhun Asror itu mengatakan berdasar data, Dinkes menerima 154 laporan dengan 82 kasus positif DBD dan dua orang meninggal pada periode sebelumnya.  Saat ini, lanjut dia, Dinkes Batan terus melakukan sosialisalisasi mengenai gerakan PSN kepada masyarakat dan gencar menggelar pelatihan kader jumantik karena program tersebut dirasa sangat efektif dalam mencegah serangan DBD.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami berharap melalui pelatihan itu, setiap rumah punya minimal satu kader yang bisa menjaga kebersihan rumah dan keluarga serta lingkungannya. Langkah ini lebih efektif dan mengurangi dampaknya daripada dilakukan fogging,” katanya.

Menurut dia, program PSN dengan cara 3M plus, yaitu menguras, mengubur, menutup, dan memakai obat nyamuk perlu dilakukan secara berkelanjutan khususnya pada musim penghujan seperti saat ini. “Selama ini masyarakat cenderung pasif dalam melakukan PSN dan masih bergantung pada kader kesehatan desa. Oleh karena itu, kami berharap ke depan masyarakat lebih sadar dan mawas diri, salah satunya dengan menjaga kebersihan lingkungan.” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya