SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA: Sejak dibuka lebih dari dua pekan lalu, sedikitnya 127 orang telah resmi mendaftar untuk kursi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). “Mungkin masih bisa bertambah di hari terakhir pendaftaran,” kata Sekretaris Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK, Achmad Ubbe, Sabtu (18/6).

Pendaftaran calon pimpinan KPK dibuka 20 Mei 2011 dan akan ditutup Senin pekan depan. Achmad mengatakan, ada kemungkinan jumlah pendaftar melonjak menjelang penutupan pendaftaran di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Promosi Pelaku Usaha Wanita Ini Akui Manfaat Nyata Pinjaman Ultra Mikro BRI Group

Memasuki hari ke-20, kata Achmad, calon pimpinan KPK paling banyak berasal dari kalangan swasta, dengan total pendaftar 36 orang. Di posisi kedua adalah calon dari Pegawai Negeri Sipil (32 orang) kemudian berturut-turut advokat (31 orang), akademisi (20 orang), TNI/Polri (5 orang), dan jaksa (3 orang).

Ekspedisi Mudik 2024

“Dari 127 orang pendaftar, yang berjenis kelamin perempuan hanya sepuluh orang,” ujar Achmad.

Sebelumnya, sejumlah tokoh telah mendaftar. Mereka di antaranya Farhat Abbas (advokat), Nur Syamsi Nurlan, Mudjuono, Tjoek Soegiarto, Idris, Anak Agung Alit Antara, Pudji Haryono, Farid M. Basakran, Fredrich Yunadi, serta Achmad Rivai.

Mereka bersaing mengisi kursi yang ditinggalkan Busyro Muqoddas, Chandra M. Hamzah, Bibit Samad Riyanto, Haryono Umar, dan M. Jasin.(Tempointeraktif)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya