SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta (Solopos.com) — Anggaran subsidi energi dengan jumlah mencapai Rp 136,6 triliun merupakan subsidi terbesar diAPBN. Namun banyak orang kaya yang dinilai tak tahu malu ikut menikmatinya.

Hal iitu  seperti disampaikan Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh, Senin (7/3/2011). “Ketidaktahudirian golongan mampu, penegakan hukum yang perlu diperkuat, dan ketidapedulian petugas, semua ikut menggelontorkan subsidi BBM menjadi tidak tepat sasaran,” tegas Darwin

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Darwin mengatakan jika pemerintah tak bertindak tegas mengawasi alokasi BBM subsidi, anggaran subsisi akan terus membengkak, namun salah sasaran karena banyak dinikmati orang yang tak layak menerima.

“Subsidi energi adalah subsidi terbesar dalam APBN dengan jumlah Rp 136,6 triliun di  2011, dan di dalamnya subsidi BBM jumlahnya yang paling besar yaitu Rp 78,3 triliun dan terus meningkat,” kata Darwin.

Dikatakan Darwin, subsidi adalah hak rakyat tidak mampu, pemerintah akan mengajak  golongan mampu ikut menjaga hak-hak rakyat miskin yang masih butuh suntikan subsidi pemerintah. “Orang mampu harusnya bukan ikut-ikutan menyedot subsidi yang bukan hak mereka,” kata Darwin lagi.

(dtc/try)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya