SOLOPOS.COM - Jemaah Salat Idulfitri di halaman Masjid At Taqwa, Kabupaten Wonogiri, tampak khusyuk mendengarkan ceramah khatib, Senin (2/5/2022). (Solopos.com/Luthfi Shobri Marzuqi)

Solopos.com, WONOGIRI — Setelah hampir tiga tahun pandemi Covid-19, pelaksanaan Salat Idulfitri (Id) yang ditiadakan kini kembali digelar di Masjid At Taqwa, Wonogiri, Jawa Tengah. Kerinduan umat Islam mengikuti salat berjemaah di tanah lapang, mulai terobati.

Seperti tampak di halaman Masjid At Taqwa, Kabupaten Wonogiri, Senin (2/5/2022) pagi. Umat Islam yang ingin kembali merasakan suasana Salat Id berduyun-duyun datang ke halaman masjid. Kedatangan mereka bahkan sampai memenuhi halaman Alun-alun Giri Krida Bakti.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pagi itu, Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat (Kasi Bimas) Islam Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Wonogiri, Mursyidi, bertindak sebagai khatib. Ia lebih banyak menyampaikan ihwal keimanan, ketaqwaan, dan untuk selalu menjaga akhlak mulia serta amaliah di kehidupan duniawi.

Di sisi lain, ia juga mengingatkan masyarakat tentang pentingnya menjaga keluarga. Ia berkaca pada kasus-kasus kekerasan keluarga di Kabupaten Wonogiri.

“Secara statistik, kita memahami di Kabupaten Wonogiri rentan kekerasan terhadap keluarga, rentan perceraian, rentan perbuatan patologi sosial. Di samping itu, kita sering berbangga ketika anak-anak mampu punya prestasi secara matematis, mampu berbahasa inggris baik. Tapi itu semua harus dilandasi kekuatan rohani kekuatan keagamaan,” ucapnya, Senin.

Baca juga: Allahuakbar! Puluhan Ribu Orang Salat Idulfitri di Stadion Manahan Solo

Menurutnya landasan itu penting sekaligus menjadi jawaban atas permasalahan keluarga yang masih terjadi. Jika sudah begitu, ia yakin anak tersebut bakal menjadi insan kamil, yaitu baik hatinya dan bersih dari celaan.

Seusai ceramah Mursyidi yang berlangsung sekitar 20 menit, jemaah salat Id dengan segera meninggalkan halaman Masjid At Taqwa dan berhamburan di jalanan.

Baca juga: Permintaan Oleh-Oleh Khas Wonogiri Meroket, Omzet Sampai Rp10 Juta/Hari

Di antara mereka ada yang menuju tempat parkir untuk langsung pulang ke rumah, menyempatkan foto bersama di sekitar alun-alun, maupun membeli balon untuk anak-anak yang mereka ikutkan dan meminta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya