Ketua Kaukus Muda PKS Solo, Didik Hermawan. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO -- Suara pemilih dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Pilkada Solo 2020 terpecah. Kaukus Muda PKS memilih mendukung Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wali kota (cawali).

Di sisi lain, DPD PKS Solo hingga saat ini belum menentukan sikap politiknya terkait agenda Pilkada Solo 2020. Kaukus Muda PKS berpendapat ketimbang melawan dominasi PDIP di Kota Bengawan yang didukung sejumlah partai politik (parpol), akan lebih baik jika DPD PKS Solo mendukung putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka.

Koordinator Kaukus Muda PKS Solo, Didik Hermawan, saat diwawancarai Solopos.com, Kamis (13/2/2020), mengatakan ada banyak alasan yang mendasari sikap Kaukus Muda PKS Solo untuk memberikan dukungan kepada Gibran Rakabuming.

Oknum Karyawan Tipu 100-An Warga Sragen, Ini Penjelasan Pimpinan Diler Nusantara Sakti

“Salah satunya alasan futuristik. Jika Gibran jadi Wali Kota Solo, kita akan melihat proses pembangunan kota mengalami lompatan-lompatan. Ini terkait status sebagai anak Presiden. Hal-hal terkait percepatan pembangunan bisa didorong,” ujar dia.

Gibran dinilai mempunyai banyak sumber daya untuk melakukan lobi-lobi guna mendorong percepatan pembangunan. Alasan lainnya, menurut Didik, terkait peta politik Solo. PDIP merupakan parpol terkuat pemilik 30 kursi DPRD Solo dari total 45 kursi.

Apes! Janda Sragen Diteriaki Maling dan Ditangkap Saat Ambil Kursi di Rumah Eks Suami

Selain itu sudah ada beberapa parpol pemilik kursi parlemen yang telah menyatakan dukungannya kepada Gibran Rakabuming. “Partai Gerindra, Partai Golkar, dan PSI arahnya ke sana. PKS tidak mungkin koalisi hanya dengan PAN. Tidak cukup,” urai dia.

Persoalan lain yang menurut Didik membuat Kaukus Muda PKS menjatuhkan pilihan kepada Gibran yaitu belum adanya tokoh yang mampu melawan Gibran. Dengan kondisi itu mestinya PKS Solo memilih peluang dengan kemungkinan terbesar.

Syahdu! Verawati Istri Bupati Jekek Curhat LDR Wonogiri-Jogja di Solopos

“Walau tidak bisa duduk sejajar sebagai bagian dari koalisi, tapi nantinya PKS bisa berkomunikasi, PKS punya koneksi dengan Gibran sehingga ke depan PKS punya akses dalam sharing atau diskusi untuk membangun Solo kian sejahtera,” terang dia.

Menurut Didik, Kaukus Muda PKS Solo berencana menemui jajaran struktur DPD PKS Solo dalam waktu dekat ini. Mereka ingin menyampaikan aspirasi mereka terkait dukungan untuk Gibran. Dukungan itu tak mempunyai syarat apa pun.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten