SOLOPOS.COM - Anas Urbaningrum (Dok/JIBI/Antara)

Solopos.com, JAKARTA–Mantan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum menilai turunnya perolehan suara Partai Demokrat dalam pemilihan anggota legislatif pada 9 April karena kinerja pemerintah yang tidak memuaskan publik.

“Naik turun dalam pemilu, ada yang naik, ada yang turun, yang utama adalah (karena) kerja pemerintah yang dianggap tidak memuaskan publik, menurut saya itu,” kata Anas di gedung KPK Jakarta, Jumat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Anas datang ke gedung KPK untuk diperiksa sebagai tersangka dalam kasus penerimaan hadiah terkait pembangunan Pusat Pendidikan, Pelatihan dan Sekolah (P3SON) di Hambalang dan proyek-proyek lain.

Sebelumnya diberitakan hasil hitung cepat dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menunjukkan bahwa Partai Demokrat mendapat perolehan suara 9,72 persen, sedangkan berdasarkan perhitungan Center for Strategic and International Studies dan Cyrus Network menyebut Partai Demokrat mendapat 9,1 persen.

Padahal dalam Pemilu 2009, berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum dari penghitungan nasional, Partai Demokrat memperoleh 20,85 persen suara, diikuti Golkar dengan 14,45 persen dan PDIP dengan 14,03 persen suara.

“Hasil survei menunjukkan itu, tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah turun drastis, beberapa waktu terakhir, itu rumus demokrasi yang normal berlaku di mana saja,” tambah Anas.

Partai pemerintah

Rumusannnya menurut Anas adalah kalau partai utama pemerintah memuaskan publik ditunjukkan dengan kinerja pemerintah di mata masyarakat pasti insentif elektoralnya dinikmati partai pemerintah, tapi kalau pemerintahnya dianggap tidak memuaskan publik akan berdampak pada tingkat elektoral pada partai di dalam pemerintahan.

“Terutama partai yang menjadi pilar utama pemerintahan. Itu rumus umum di mana pun, bukan hal yang aneh, jadi kalau Demokrat dapat sebut saja 9–10 persen, itu angka yang menurut saya sudah luar biasa,” ungkap Anas.

Hal yang luar biasa karena kampanye Partai Demokrat dilakukan oleh berbagai pihak di dalam partai tersebut.

“Karena yang bekerja bukan hanya Pak SBY sebagai ketua umum, sebagai presiden, kepala negara, kepala pemerintahan dan kader partai tapi juga dibantu oleh kesebelasan konvensi, kalau tidak ada kesebelasan konvensi tidak akan tembus 9–10 persen,” jelas Anas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya