SOLOPOS.COM - Ilustrasi gelombang misterius. (Istimewa)

Suara misterius diduga datang dari planet HD 164595 yang disebut pula sebagai “Planet Matahari.”

Solopos.com, WASHINGTON – Sebuah gelombang suara yang diduga datang dari planet mirip Matahari, dikabarkan berasal dari makhluk luar angkasa Alien. Suara tersebut datang dari planet yang dikenal sebagai HD 164595 di konstelasi Herkules atau berjarak 95 tahun cahaya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Setelah mengetahui ada suara yang muncul dari planet tersebut, Ilmuwan kemudian berkonsultasi ke SETI (Search for Extraterrestrial Intelligence) untuk mengetahui apakah suara yang terdengar merupakan sebuah pesan dari Alien.

Berdasarkan laporan Paul Gilster dari Centauri Dream yang melansir Dailymail, Selasa (30/8/2016), sinyal pertama kali terdengar pada 15 Mei tahun lalu menggunakan radio teleskop RATAN-600 di Zelenchukskaya.

Meski begitu, Ilmuwan sendiri menduga suara yang muncul tersebut merupakan hasil dari fenomena alam sepertimicrolensing, di mana sinyal gravitasi planet lebih kuat dan berfokus dari arah mana saja secara acak.

“Tak seorang pun yang mengklaim bahwa ini (suara yang diduga Alien) merupakan perbuatan dari bagian dari masyarakat ektraterestrial, namun hal itu penting untuk penelitian selanjunya,” ungkap Gilster.

HD 164595 merupakan planet yang menarik bagi para ilmuwan karena planet yang dikatakan mirip dengan matahari tersebut memiliki tingkat suhu kehangatan seperti planet Neptunus di orbitnya.

Suhu rata-ratanya memiliki temperatur hingga 12 kelvin yang dikatakan lebih panas dibanding Matahari yang sekira 100 juta tahun lebih muda.

SETI diketahui akan memulai pelacakan Planet HD 164595 malam waktu setempat menggunakan teleskop Allen Telescope Array di bagian selatan California dan Boquete Optical SETI Obervatory di Panama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya