SOLOPOS.COM - Bagian CVT motor matik. (Autofun.co.id)

Solopos.com, JAKARTA-Suara mesin motor matik seharusnya terdengar normal dan halus saat dinyalakan atau dikendarai. Sebaliknya, jika suara motor matik kasar tentu sangat menggangu.

Kalau sudah timbul suara motor matik kasar seperti ini, tentunya ada yang tidak beres dengan motor matik tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Oleh sebab itu, kenali penyebabnya dan jika memungkinkan Anda bisa melakukan perbaikan sendiri agar suara tersebut kembali normal dan halus.

Berikut penyebab suara motor matik kasar seperti diulas Suzuki yang dikutip Solopos.com, Senin (6/2/2023).

  • Roller sudah tidak sempurna

Perubahan bentuk dari roller merupakan hal yang bisa menyebabkan suara motor matik kasar.

Roller umumnya berbentuk bulat. Apabila roller rusak dan bentuknya tidak lagi seperti semula, performa mesin motor matik menjadi berkurang. Akibatnya, mesin motor terdengar bising dan kasar.

  • Gas yang berlebihan

Penyebab kedua yang bisa membuat mesin motor matik terdengar kasar yaitu sering menggunakan gas secara berlebihan.

Hal ini biasanya kerap dilakukan oleh anak-anak muda yang ingin bergaya tanpa berpikir jauh. Banyak sekali yang acuh dengan kebiasaan tersebut, padahal akibatnya fatal.

Gas yang terlalu sering digunakan secara berlebihan bisa menurunkan performa motor. Jika tidak ingin mendapati suara motor matik kasar dan cepat rusak, jauhi kebiasaan tersebut.

  • Plastik slider menutup roller

Tidak hanya roller bermasalah, mesin motor matik juga terdengar kasar karena roller tertutup oleh plastik slider.

Apabila keadaan ini dibiarkan, maka bunyi mesin semakin lama akan lebih keras. Motor pun juga akan bergetar dan gerakannya menimbulkan tutup roller tidak stabil.

  • Gearbox telah aus

Suara motor matik kasar juga bisa timbul karena gearbox motor matik telah aus. Gearbox yang aus menimbulkan celah.

Kondisinya pun juga semakin tidak terlihat presisi. Dari keadaan ini, kemudian timbul suara yang sangat tidak nyaman didengarkan.

  • Grease kering

Grease atau yang biasa dikenal dengan gemuk merupakan pelumas pada bagian CVT. Nah, suara motor matik kasar juga bisa muncul apabila grease tersebut kering. Grease bisa kering karena terlalu panas sehingga menimbulkan bunyi.

Akan tetapi, Anda tidak boleh asal menambah grease tersebut. Ketahui dulu grease seperti apa yang dipakai oleh motor matik dan harus grease khusus untuk bagian CVT.

  • Kampas kopling menipis

Sebaiknya Anda juga sering-sering mengecek kondisi kampas kopling. Kampas yang keadaannya telah menipis bisa menjadi penyebab suara motor matik kasar. Suara tersebut biasanya berupa decitan dan tentunya sangat tidak nyaman didengarkan.

Dalam beberapa kasus, saat sudah menggunakan mesin dengan sangat keras, ternyata tarikan yang diberikan tidak bisa kencang karena kampas kopling sudah tipis. Selain menimbulkan suara decitan, keadaan semacam ini tentunya juga sangat membahayakan.

  • Sabuk V-belt aus

Penyebab terakhir yaitu kondisi sabuk v-belt yang dalam keadaan aus. Ausnya v-belt menyebabkan mesin motor matik terdengar kasar seperti rantainya mengendur.

V-belt yang aus menyebabkan tutup CVT sering tergesek oleh belt. Akibatnya, motor matik akan terdengar suara seperti kretek-kretek. Sama seperti kendurnya rantai.

Tips Menghaluskan Suara Mesin Motor Matik

Setelah mengetahui apa penyebab mesin motor terdengar kasar, sekarang waktunya menerapkan cara menghaluskan suara mesin motor matik tersebut. Setidaknya, ada beberapa langkah yang harus Anda tempuh agar mesin terdengar lebih halus. Berikut cara-caranya.

  • Cari baut yang mengendur dan kencangkan

Langkah pertama yaitu mencari di mana saja baut yang mengendur dan segera kencangkan. Baut bisa saja mengendur karena terkena getaran saat motor digunakan.

Apalagi ketika motor bersuara kasar, pasti getaran yang ditimbulkan juga semakin keras. Oleh karena itu, cari baut-baut yang mengendur dan kencangkan. Dengan demikian, suara mesin motor matik akan terdengar lebih halus.

  • Cek dan ganti roller dengan yang baru

Melakukan pengecekan rutin pada roller juga perlu dilakukan. Apabila Anda mendapati kondisi roller sudah tidak bulat, segera ganti dengan yang baru.

Jangan menunda dan acuh dengan permasalahan ini, mengingat roller memiliki fungsi yang sangat penting pada motor matik.



  • Ganti dan tambah oli secara rutin

Pengecekan oli juga penting dilakukan secara rutin untuk memastikan kondisinya. Apabila oli terlihat kotor, segera ganti dengan yang baru. Namun, apabila oli masih bagus namun volumenya kurang, maka segera tambah jumlahnya. Oli merupakan komponen terpenting pada kendaraan karena berguna sebagai pelumas mesin.

Tanpa adanya oli, beberapa komponen mesin pasti akan cepat mengalami aus. Nah, agar mesin tetap terdengar halus, upayakan agar volume tidak kurang dan keadaannya bagus.

  • Gunakan bahan bakar yang bagus dan sesuai

Penggunaan bahan bakar yang berkualitas bagus dan sesuai sangat dianjurkan agar mesin motor terdengar lebih halus.

Pasalnya, motor yang menggunakan bensin dengan kualitas rendah akan mengakibatkan proses pembakaran tidak sempurna.

Keadaan semacam ini tentu sangat tidak baik untuk kendaraan Anda. Oleh karena itu, pastikan bahwa bahan bakar yang Anda gunakan berkualitas bagus dan memenuhi standar.

  • Merawat CVT secara rutin

Sebagaimana yang telah diketahui, CVT yang bermasalah juga menjadi penyebab motor terdengar kasar. Oleh karena itu, perawatan rutin pada CVT harus dilakukan. Apabila CVT terlihat kotor, maka Anda harus segera membersihkannya.

Namun, apabila bagian CVT ada yang rusak, segera lakukan penggantian. Ganti komponen dengan yang baru dan orisinil.

  • Gunakan motor dengan baik dan benar

Ajang pamer dan mencari sensasi bukan merupakan tindakan yang terpuji, apalagi bagi kendaraan. Kendaraan yang digunakan dengan tidak baik, tentu akan membuatnya cepat rusak. Termasuk juga pada motor yang suaranya kasar. Untuk menghaluskan suaranya, jangan lagi terlalu sering mengegasnya secara berlebihan.

Jangan sampai motor matik digunakan untuk balapan karena mesinnya tidak dirancang untuk kegiatan tersebut. Bersikap bijak merupakan hal yang perlu dilakukan jika ingin motor Anda lebih awet.

  • Lakukan servis secara rutin

Servis motor merupakan hal yang benar-benar harus rutin dilakukan. Dalam pembahasan terkait perawatan apapun, servis berkala pasti akan selalu masuk dalam list.

Hal tersebut membuktikan bahwa servis memang merupakan sesuatu yang sangat penting dan harus dilakukan. Perlu Anda ketahui, servis motor yang rutin dilakukan akan mengantisipasi adanya kerusakan yang lebih fatal pada motor.

Bayangkan ketika motor tidak pernah diservis dan ternyata mesin bagian dalamnya rusak. Keadaan tersebut tentu akan menimbulkan akibat lebih buruk jika dibiarkan.

Oleh karena itu, segera servis motor Anda ke bengkel. Suara motor matik yang tadinya terdengar kasar pasti akan cepat diketahui penyebabnya dan bisa segera ditangani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya