SOLOPOS.COM - Penyebab suara mesin motor matik kasar. (Astramotor.co.id)

Solopos.com, SOLO — Motor matik terutama skuter matik saat ini paling diminati masyarakat, penggunanya pun beragam mulai tua, muda, laki-laki juga perempuan.

Hal ini karena pengoperasian motor matik dirasa lebih mudah dibandingkan sepeda motor manual atau bebek.

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

Namun pemilik motor matik sering terganggu dengan suara mesin yang kasar. Bagi yang kurang mengerti mesin, tentu bingung kenapa suara mesin jadi kasar.

Dikutip Solopos.com dari Astramotor.co.id, berikut beberapa penyebab suara mesin skuter matik menjadi kasar.

Roller

Suara kasar mesin motor matik saat gas ditarik bisa karena roller yang sudah peyang. Roller yang tadinya berbentuk bulat, bisa jadi sudah berubah bentuk.

Baca juga: Sandiaga Uno Apresiasai Skuter Konversi Listrik Karya Anak Bangsa

Sabuk V-belt

Ketika sabuk v-belt aus, timbul suara yang mengganggu di bagian CVT. Seakan-akan terdengar seperti rantai yang kendur. Hal ini mengakibatkan tutup CVT sering tergesek belt.

Plastik slider menutupi rumah roller

Ketika plastic slider ternyata menutupi bagian roller juga bisa menjadi sumber suara berisik karena bor yang sudah aus. Jika dibiarkan terlalu lama, bunyinya bisa semakin keras.

Secondary sliding shaves

Secondary Sliding Shaves atau juga yang disebut Face Set Moveable yang tidak lagi memiliki kondisi yang bagus. Bagian ini berfungsi mendorong belt, tetapi kenyataannya malah aus.

Kampas kopling

Kampas kopling yang sudah menipis bisa menimbulkan suara berdecit dan tidak nyaman didengar. Selain itu tarikan tidak terlalu kencang.

Baca juga: Beda Rambu Berwarna Hijau dan Biru di Jalan Tol, Ternyata Ini Artinya

Mangkok kopling (Cluth House)

Casing dan mangkok kopling seringkali perlu direkatkan kembali agar tidak timbul bunyi yang mengganggu. Cara mengatasinya memberikan lem (seperti lem besi) pada bagian tersebut.

Gearbox

Kondisi gearbox yang sudah ausmenyebabkan timbulnya celah antar mata gigi dan kondisinya juga semakin tidak presisi. Dari sinilah timbulnya bunyi yang tidak enak untuk didengar.

Gas berlebihan

Sering dianggap lumrah tetapi sebenarnya membuat performa motor bisa menurun yaitu melaju dengan kencang dari kondisi diam. Jika sering dilakukan bisa membuat suara motor matik kasar.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya