SOLOPOS.COM - Hingga saat ini sumber maupun penyebab suara dentuman di Sumenep, Madura masih misterius. (Bisnis)

Solopos.com, SOLO-Beberapa hari terakhir ini, warga Sumenep, Madura dibuat heboh oleh suara dentuman aneh dari dalam tanah. Suara berulang relatif teratur itu disebut mirip dengan suara orang menggali kubur.

Hingga saat ini sumber maupun penyebab suara tersebut masih misterius. Berikut ini fakta tentang suara dentuman di Sumenep.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Pemerintah Kabupatan (Pemkab) Sumenep sampai mendatangkan ahli geologi dari ITN (Institut Teknologi Nasional) Malang untuk menyelidiki penyebab dentuman misterius di Dusun Tengah, Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng tersebut.

Selain mendatangkan ahli geologi, Pemkab Sumenep juga menghadirkan BMKG untuk menjelaskan misteri dentuman dari bawah tanah tersebut.

Bisnis telah merangkum beberapa fakta terbaru dari misteri suara dentuman dari dalam tanah di Sumenep.

 

Penyebab belum diketahui

Meski sudah mendatangkan ahli, namun hingga kini penyebab dentuman misterius dari bawah tanah di Sumenep tersebut belum diketahui. Beberapa pakar menyebut bahwa dentuman tersebut diduga berasal dari proyek yang tak jauh dari wilayah tersebut. Namun, ini juga masih dugaan.

 

Suara seperti orang menggali sumur

Dilansir dari video yang viral di Twitter dan TikTok, dentuman dari bawah tanah tersebut terdengar seperti orang sedang menggali sumur. Padahal di sekitar wikalayah tersebut, tidak ada warga yang sedang menggali sumur atau melalukan renovasi rumah.

 

5 rumah terdampak

Sumber dentuman tersebut berasal dari area lima rumah warga Dusun Tengah, RT 07, RW 02, Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng, Sumenep.

Karena dentuman yang terjadi cukup keras, ada 5 rumah yang ikut merasakan dentuman misterius tersebut. Berdasarkan data yang dihimpun Polsek Lenteng diteruskan kepada Polres Sumenep, kelima rumah itu merupakan milik warga berbeda yakni rumah (sekaligus Toko) milik Jakfar, rumah milik Jazuli, rumah milik H Badrun, rumah milik Ramli, dan rumah milik Ibu Naim.

 

Durasi dentuman

Dentuman yang terjadi disebut hanya bertahan selama 45 menit. Bunyi misterius tersebut berhenti setelah hari menjelang siang. Dari keterangan yang diterima, bunyi seperti tumbukan itu terdengar sejak sekitar pukul 09.45 WIB hingga pukul 10.30 WIB.

 

Sudah terdengar 10 hari lalu

Menurut keterangan salah satu warga bernama Hazmi, dentuman misterius dari dalam tanah tersebut sudah terdengar sejak 10 hari yang lalu. Akan tetapi sebelum ini, dentuman hanya terdengar sesekali saja. Dentumannya juga tidak selama yang terakhir. “Baru kali ini terdengar cukup keras dengan intensitas yang begitu kuat. Sehingga membuat panik warga,” katanya.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “5 Fakta Terbaru Dentuman Misterius dari Bawah Tanah di Sumenep, Apa Penyebabnya?”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya