Suara Azan di Indonesia Jadi Sorotan Media Asing, Kenapa?

Suara azan di Indonesia menjadi sorotan media internasional yang berbasis di Paris, Prancis yang membahas soal ketakwaan atau gangguan kebisingan.

 Ilustrasi masjid. (pixabay.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi masjid. (pixabay.com)

Solopos.com, JAKARTA — Suara azan di Jakarta, Indonesia, menjadi sorotan media internasional, Agence France-Presse (AFP). Laporan bertajuk Ketakwaan atau gangguan kebisingan? Indonesia mengatasi reaksi volume azan yang diterbitkan Kamis (14/10/2021) itu mengatakan mengkomplain volume azan di Indonesia akan berbuntut panjang.

Salah satu narasumber AFP adalah muslimah berusia 31 tahun yang namanya disamarkan menjadi Rina. Dikabarkan Detik.com, Rina mengidap gangguan kecemasan yang tidak bisa tidur, mual saat hendak makan, dan takut mengkomplain suara azan dari masjid di dekat rumahnya.

AFP menyebutkan bahwa azan dan masjid merupakan dua hal yang dihormati di Indonesia. Dengan demikian mengkritisi azan dan masjid akan berujung pada tuduhan penistaan agama. Oleh sebab itu, Rina menyebut tidak ada yang berani mengkomplain hal tersebut.

Baca juga: Masjid di Jerman Diperbolehkan Kumandangkan Azan Tiap Jumat

Setiap hari Rina terbangun pukul 03.00 WIB katena terusik dengan suara pengeras suara dari masjid di dekat rumahnya.

“Pengeras suara tidak cuma digunakan untuk azan tapi juga untuk membangunkan orang 30 hingga 40 menit sebelum salat subuh,” katanya.

Di Indonesia ada sekitar 750.000 masjid yang memiliki beberapa speaker eksternal untuk menyiarkan suara azan. Bagi Rina, suara dari masjid saat malam hari berdampak pada kesehatannya, sekitar enam bulan belakangan.

“Saya mulai mengalami insomnia, dan saya didiagnosa mengidap gangguan kecemasan setelah selalu terbangun di malam hari. Sekarang saya mencoba membuat diri saya selelah mungkin supaya saya bisa tidur nyenyak tanpa mendengar suara bising itu,” kata Rina.

Baca juga: Asale Ikan Dewa: Asli Indonesia hingga Dianggap Keramat

Sementara itu Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia, Jusuf Kalla, memperkirakan setengah dari seluruh masjid di Indonesia memiliki tata akustik ruangan yang buruk, sehingga memperparah kebisingan.

“Ada kecenderungan untuk menaikkan suara masjid supaya azan bisa terdengar oleh sebanyak mungkin orang dari jauh. Karena mereka beranggapan itu adalah tanda kebesaran Islam.” jelas koordinator program akustik DMI, Azis Muslim.

DMI berjuang meminimalisir ketegangan masyarakat dengan cara menyediakan layanan perbaikan sound system dari pintu ke pintu. Ada 7 ribu teknisi yang bekerja untuk pekerjaan ini dan telah memperbaiki audio di lebih dari 70.000 masjid.

Baca juga: Penjualan Mobil & Motor Bensin Bakal Disetop, Nasib Kendaraan Lawas?

Melaporkan masalah suara azan di Indonesia adalah hal yang sangat sensitif. Pada 2012 lalu, Wapres Boediono pernah dikecam ketika menyarankan volume azan dibatasi.

Pengamat dari UIN Syarif Hidayatullah, Ali Munhanif, mengatakan masyarakat muslim di Indonesia biasanya marah jika ada komplain terhadap pengeras suara masjid yang biasa dipakai untuk azan. Sebab mereka mengira pengumuman melalui pengeras suara masjid adalah syarat keagamaan.

Dengan demikian, Rina pun enggan menyuarakan keberatannya meskipun merasa terganggu. “Saya enggak punya pilihan kecuali hidup dengan itu atau menjual rumah saya,” tegasnya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Korban Tragedi Susur Sungai di Ciamis Dimakamkan, Keluarga: Ini Takdir

Keluarga mengikhlaskan kepergian korban susu sungai, dan menganggapnya sebagai takdir dari Yang Maha Kuasa.

Gempa M 4,8 Guncang Bali, 3 Orang Meninggal, 7 Patah Tulang

Tiga orang meninggal dunia akibat gempa yang berpusat di 8 km barat laut Karangasem, Bali, itu.

Susur Sungai Tewaskan 11 Siswa MTs di Ciamis, Kemenag Akan Evaluasi

Kemenag turut berduka cita dan mendoakan siswa-siswa yang menjadi korban dalam kejadian itu.

10 Berita Terpopuler : Prestasi Pebulu Tangkis Vito - Rubicon Ketemu

Sosok pebulu tangkis asal Sukoharjo Shesar Hiren Rhustavito hingga kabar Rubicon yang hilang dicuri ditemukan masuk jajaran berita terpopuler pagi ini.

Pemerintah bakal Moratorium Izin Pinjaman Online

Kominfo sejak 2018 hingga 15 Oktober 2021 telah menutup 4.874 akun pinjaman online.

Suami Bejat Tawarkan Istri untuk Layanan Threesome

Dalam akun media sosial miliknya, pelaku mengunggah beberapa foto vulgar istrinya dengan tawaran layanan threesome.

Sejarah Hari Ini : 16 Oktober 1923, The Walt Disney Company Berdiri

Berbagai peristiwa penting dari seluruh penjuru dunia terjadi pada 16 Oktober dan rangkumannya tersaji dalam Sejarah Hari Ini.

Sedih! 11 Korban Tragedi Susur Sungai di Ciamis, 2 dari Jateng

Tragedi susur sungai di Ciamis menyebabkan 11 siswa MTs Harapan Baru meninggal dunia karena tenggelam, di mana dua di antaranya dari Jateng.

Bergaji Rp20 Juta/Bulan, Karyawan Pinjol Ilegal Rajin Cari Korban

Brigjen Helmy Santika mengatakan ketujuh karyawan pinjol ilegal selama ini mendapatkan gaji yang cukup fantastis.

Susur Sungai Bikin 11 Siswa MTS Ciamis Tenggelam Ternyata Agenda Rutin

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, menyebut susur sungai yang menyebabkan 11 siswa MTs Harapan Baru sebenarnya kegiatan yang rutin digelar.

Kekhawatiran Peraih Nobel Perdamaian Terkait Banjir Informasi di Medsos

Maria Ressa menyoroti algoritma yang digunakan dalam distribusi berita oleh platform-platform media sosial dan news aggregator, yang dapat menciptakan perpecahan dan mengancam perdamaian.

11 Jenazah Korban Susur Sungai Ditemukan, Ini Daftarnya

Berdasarkan data Pusdalops PB BPBD Ciamis yang diperoleh Solopos.com, Jumat pukul 22.00 WIB, sudah ada 11 jenazah siswa yang ditemukan.

Susur Sungai Berujung Petaka, 11 Siswa MTs Ciamis Meninggal Dunia

Sebanyak 11 siswa MTs di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat (Jabar) meninggal dunia saat melakukan kegiatan susur sungai.

Innalillahi...10 Siswa Tenggelam Saat Susur Sungai

Tim SAR dari BPBD Ciamis, Basarnas, TNI-Polri dibantu masyarakat melakukan pencarian siswa tenggelam sejak sore.

Brigadir NP Pembanting Mahasiswa Dijerat Pasal Berlapis

Propam Polda Banteng menjerat Brigadir NP dengan pasal berlapis atas tindakannya membanting mahasiswa yang berdemo di Tengerang. Sementara Kapolresta Tangerang siap dicopot jika kejadian terulang.