SOLOPOS.COM - Menteri Agraria dan Tata Ruang, Ferry Mursidan Baldan. (Istimewa)

Suap reklamasi Jakarta kini membuat proyek di Teluk Jakarta disorot, termasuk kepemilikannya. Pemerintah menyatakan lahan pulau reklamasi milik negara.

Solopos.com, BREBES — Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) menegaskan tanah hasil reklamasi berstatus milik negara.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menteri ATR/BPN Ferry Mursyidan Baldan mengatakan jika hasil reklamasi adalah keputusan negara, maka tanah reklamasi berstatus milik negara. “Contohnya begini, ini pulau-pulau [reklmasi] ada di sekitar pulau utama?, maka nantinya Indonesia akan terkurung jadi daerah terisolir wilayah lainnya milik orang lain nantinya,” katanya di Brebes, Senin (11/4/2016).

Ekspedisi Mudik 2024

Dia menegaskan tanah hasil reklamasi yang tengah direncanakan Pemerintah DKI Jakarta juga menjadi milik negara. Kendati begitu, pihaknya masih belum memiliki sikap terkait larangan pembelian tanah reklamasi. “Ya nanti sama Pemda [pemerintah daerah] lah, saya menegaskan itu [status tanah milik negara] dulu,” tambahnya.

Sebelumnya, Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi menyarankan konsumen tidak membeli bangunan yang dijual di atas lahan pulau reklamasi. Latar belakang saran ini karena pembahasan dua rancangan peraturan daerah (Raperda) terkait reklamasi Pantai Utara Jakarta belum rampung.

Kedua Raperda tersebut yaitu Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil serta Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta. Dia menilai masalah reklamasi di Teluk Jakarta masih belum jelas, terutama terkait perizinan dan kelayanan dari sisi lingkungan. “Ironisnya, pengembang sudah gencar menawarkan produk propertinya,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya