Tutup Iklan

Suap PLTU Riau-1: Eni Saragih Sebut Dirut PLN Sofyan Basir & Rini Soemarno

Nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno disebut-sebut dalam persidangan terdakwa kasus suap proyek pembangunan PLTU Mulut Tambang Riau-1, Eni Maulani Saragih, di Pengadilan Tipikor, Selasa (22/1/2019). Nama Rini Soemarno muncul saat kuasa hukum Eni, Rudi Alfonso, membacakan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) pada nomor 16 milik kliennya itu.

Suap PLTU Riau-1: Eni Saragih Sebut Dirut PLN Sofyan Basir & Rini Soemarno

SOLOPOS.COM - Tersangka yang juga Anggota DPR Komisi VII Eni Maulani Saragih (tengah) dengan rompi tahanan menuju mobil tahanan seusai diperiksa di kantor KPK, Jakarta, Sabtu (14/7/2018). (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno disebut-sebut dalam persidangan terdakwa kasus suap proyek pembangunan PLTU Mulut Tambang Riau-1, Eni Maulani Saragih, di Pengadilan Tipikor, Selasa (22/1/2019). Nama Rini Soemarno muncul saat kuasa hukum Eni, Rudi Alfonso, membacakan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) pada nomor 16 milik kliennya itu.

Dalam BAP,  Eni menyebut mantan Ketua DPR Setya Novanto dan ‎pemegang saham Blackgold Natural Resources Ltd. Johanes B Kotjo ingin memperoleh proyek PLN di Pulau Jawa dari Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir. 

Namun, proyek PLN yang berada di Pulau Jawa ternyata sudah penuh. Dalam BAP itu, disebutkan bahwa proyek PLN di luar Pulau Jawa masih memungkinkan. Kemudian, Eni memberitahukannya kepada Setnov.

‎”BAP nomor 16, terdakwa menjelaskan bahwa saya bertemu Sofyan Basir dan saya sampaikan [bahwa] Pak Kotjo dan Pak Setya Novanto ingin mendapatkan proyek listrik di Jawa, dan pada akhirnya Pak Sofyan Basir menyampaikan bahwa di Jawa sudah penuh. Kalau di Sumatra oke, di luar Jawa oke,” kata Rudi saat membacakan BAP Eni Saragih.

“Menurut Setya Novanto, ‘Iya gue udah ketemu sama Rini dan Sofyan Basir, menurut mereka [Rini dan Sofyan] enggak bisa. Tapi, kalau di luar Jawa, sih, oke’,” kata Rudi melanjutkan bacaan BAP Eni yang mengutip pernyataan Setnov tersebut.

Kemudian, Rudi mengonfirmasi perihal nama Rini di ‎dalam BAP Eni Saragih. Eni menjawab bahwa nama Rini yang dimaksud adalah Menteri BUMN Rini Soemarno. “Menteri BUMN, Rini Soemarno,” ujar Eni.

Rudi lantas mengonfirmasi kembali soal keterkaitan Rini Soemarno dengan proyek ‎PLTU Riau-1. Menurut penuturan Eni, Rini selaku Menteri BUMN memang tidak berkaitan langsung terhadap proyek itu. Namun, dia membawahi beberapa BUMN termasuk PLN.

“Jadi pasti nyambung antara BUMN dengan PLN. Mungkin demikian yang disampaikan Setya Novanto pada waktu itu,” kata Eni.

Dalam kasus ini, KPK mendakwa Eni Saragih menerima suap Rp4,75 miliar dari pengusaha Johannes Budisutrisno Kotjo. KPK mendakwa suap itu diberikan untuk memuluskan proses penandatanganan kerja sama proyek pembangunan PLTU Riau-1. 

Selain itu, Eni didakwa menerima gratifikasi senilai Rp5,6 miliar dan 40.000 dolar Singapura dari sejumlah direktur perusahaan di bidang minyak dan gas.  Sebagian uang hasil gratifikasi tersebut telah digunakan Eni untuk membiayai kegiatan Pilkada Temanggung yang diikuti oleh suaminya, M. Al Khadziq, serta untuk memenuhi kebutuhan pribadinya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Sempat Tutup Gara-Gara Covid-19, 4 Kantor Desa Di Polokarto Sukoharjo Mulai Dibuka Lagi

Sejumlah perangkat desa di Kecamatan Polokarto, Sukoharjo, akhirnya telah selesai menjalani isolasi mandiri. Sehingga, empat kantor desa sudah buka lagi.

Kepala Daerah Soloraya Rapat Penanggulangan Covid-19 di Solo

Seluruh kepala daerah se-Soloraya kembali berkumpul bersamaan di Makorem 074 Warastratama pada Kamis (24/6/2021) pagi.

Tips Menabung Gaji dengan Mudah Meski Gaji Anda Minim

Anda bisa mengetahui tips untuk menabung gaji, meski gaji tidak banyak. Dengan tips ini, dijamin akan memudahkan untuk menabung dengan baik.

4 Pasien Covid-19 di Karanganyar Meninggal dalam Sehari

Angka kematian pasien Covid-19 di Karanganyar cenderung meningkat.

Menko Airlangga Dorong Pembangunan Green Economy, Ini Kuncinya

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto mendukung pembangunan green economy yang kuncinya terletak pada teknologi dan inovasi.

Rekor Baru! Sehari Ada 17 Pemakaman Pasien Covid-19 di Wonogiri

Jumlah pemakaman pasien Covid-19 dalam satu hari di Wonogiri memecahkan rekor baru selama pandemi Covid-19 yakni sebanyak 17 pasien.

Setelah Wali Kota, Kini Giliran Ketua DPRD Salatiga Positif Covid-19

Ketua DPRD Salatiga dan keluarga terpapar Covid-19. Ini terjadi setelah Wali Kota sembuh dari Covid-19.

Celana Jeans Efek Basah Seperti Mengompol Ini Dijual Rp1 Juta, Tertarik Beli?

Celana jeans buatan perusahaan mode Amerika Serikat ini mempunyai gaya yang unik dengan memberi efek basah seperti orang mengompol.

Ada Penampakan Buaya di Bengawan Solo, Warga Diminta Hati-Hati

Penampakan seekor buaya di Bengawan Solo membuat warga di Desa Parengan, Kecamatan Maduran, Lamongan Jatim takut.

Kisah Sukarelawan Pemakaman Covid-19 di Wonogiri: Jalan Kaki 1 Km Lewat Sungai Sampai ke Makam

Kisah inspiratif kali ini tentang sukarelawan pemakaman pasien Covid-19 yang harus berjalan 1 km meelintasi sungai demi memakamkan jenazah.

Pemkab Sukoharjo Waspadai Klaster Perkantoran, ASN Hingga Cleaning Service Jalani Swab Antigen

Pemkab Sukoharjo melakukan tes swab antigen terhadap seluruh aparatur sipil negara atau ASN hingga cleaning service guna mengantisipasi munculnya klaster perkantoran.

Main di Sungai Kedung Bandung, Bocah Jatisrono Wonogiri Meninggal Tenggelam

Seorang bocah ditemukan meninggal dunia  tenggelam di Sungai Kedung Bandung, Kecamatan Jatisrono, Wonogiri, Kamis (24/6/2021).