SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Ramadan sudah di depan mata. Ini merupakan bulan suci yang dimanfaatkan umat Islam memperkuat iman lewat ibadah dan silaturahmi. Meski masih cukup panjang, sebagian masyarakat telah mempersiapkan diri berbelanja busana muslim.

Busana muslim menjadi suatu tren yang populer beberapa tahun belakangan, termasuk di situs jual beli online seperti Tokopedia. Berdasarkan data Tokopedia pada Februari 2019, ada peningkatan transaksi pada kategori busana Muslim sebesar empat kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Khususnya dua bulan menjelang Ramadan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Perkembangan ini menunjukkan betapa besarnya antusiasme dari pelanggan kami terhadap merek-merek busana Muslim yang bertumbuh bersama kami di platform Tokopedia,” kata VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Jumat (22/3/2019).

Banyak sekali merek busana muslim yang kini berkembang pesat di era transformasi digital. Kualitasnya bahkan sudah mampu bersaing dengan merek luar negeri. Sebagai inspirasi, berikut adalah lima produk busana muslim yang paling dicari di Tokopedia:

Gamis

Gamis adalah salah satu busana muslimah yang kecantikannya tidak akan pernah pudar. Memiliki model yang sederhana namun elegan, gamis pada umumnya sering dipakai pada acara-acara khusus, seperti Hari Raya Idulfitri. Sekarang tidak lagi sulit menemukan berbagai pilihan menarik dengan bertambahnya merek busana muslim yang impresif, terutama gamis perempuan di Tokopedia.

Meskipun asal-usul gamis belum jelas, banyak ahli berpendapat busana muslimah ini berasal dari daerah Timur Tengah. Di Indonesia, gamis tetap salah satu busana yang kerap dipakai masyarakat. Namun, ternyata orang masih kesulitan untuk membedakan antara gamis, abaya, dan kaftan.

Gamis pada umumnya berbentuk panjang dan sedikit longgar pada bagian lekukan di bagian pinggang. Abaya biasanya terbuat dari bahan sintetis hitam dan dihiasi dengan bordir atau payet berwarna sehingga terlihat lebih megah. Kaftan, meskipun hampir serupa dengan gamis, berbentuk lebih longgar dan berlengan panjang.

Hijab instan

Seiring berjalannya waktu, model hijab pun semakin bermunculan. Mulai dari yang sederhana hingga yang bisa dikreasikan sesuai dengan selera masing-masing. Hijab instan merupakan salah satu contoh yang banyak digemari oleh pengguna Tokopedia karena penggunaannya yang sangat mudah. Perempuan muslim dengan jadwal padat akan sangat mengapresiasi praktisnya memakai hijab instan, terutama ketika sedang terburu-buru.

Berkaitan dengan motif, pengguna bisa menemukan banyak alternatif lewat kategori jilbab instan motif di Tokopedia dan memilih sesuai dengan selera masing-masing. Panjang dan pendek hijab pun kini beragam. Pengguna bisa menentukan pilihan berdasarkan kenyamanan.

Pasmina

Serupa tetapi tidak sama, pasmina sedikit berbeda dengan jilbab atau kerudung, meskipun fungsi utamanya sebagai penutup aurat tetap sama. Ketika berbicara mengenai asal-usul dari busana muslim ini, di luar negeri bagian barat, pasmina sebenarnya dikenal dengan istilah cashmere.

Di sisi lain, pasmina adalah istilah yang digunakan oleh penduduk di India dan Pakistan. Pasmina kemudian dikenal sebagai cashmere di Barat karena orang Eropa kali pertama menemukan serat ini dari kambing di daerah Kashmir. Karena bahannya sangat hangat dan lembut, selendang pasmina yang handmade termasuk salah satu kain yang paling mahal.

Pasmina semakin digemari pengguna Tokopedia karena ukuran yang lebih panjang sehingga memungkinkan variasi model sesuai dengan kreativitas pemakai. Dibandingkan jilbab biasa yang berbentuk persegi, pasmina dapat dengan mudah dibentuk dengan berbagai macam gaya dan kebutuhan individu.

Blus wanita

Pilihan fashion muslim bukan hanya gamis atau kaftan, baju atasan juga menjadi preferensi pengguna Tokopedia ketika ingin tampil stylish namun tetap ingin memakai bawahan seperti celana atau rok panjang. Munculnya berbagai kreator busana muslim membuat dunia fashion Muslimah kian mempesona melalui desain yang elegan.

Perkembangan waktu memungkinkan perempuan menjadi lebih nyaman dalam memilih pakaian muslim sesuai dengan gaya masing-masing. Ada perempuan yang lebih nyaman mengenakan gamis atau kaftan panjang, tetapi ada juga perempuan yang merasa lebih percaya diri dengan memakai blus dan celana untuk outfit sehari-hari. Memadukan warna yang elegan untuk atasan dan bawahan pun tidak sulit, karena bereksperimen dengan kombinasi warna yang berbeda dapat membuat seseorang terlihat berbeda dari yang lain dan tampil lebih berwarna.

Mukena

Istilah mukena sebenarnya tidak dapat ditemukan di negara lain kecuali Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Pemakaian mukena oleh muslimah di luar negeri jarang ditemukan, karena bagi mereka umumnya menggunakan baju rapi panjang yang menutup tubuh kecuali wajah dan telapak tangan saja sudah cukup.

Tradisi membeli mukena baru untuk menyambut bulan Ramadan terus dipertahankan oleh banyak pengguna Tokopedia setiap tahunnya. Baik untuk ibadah tarawih maupun salat id. Mukena menjadi peralatan salat esensial yang selalu dicari oleh masyarakat, salah satunya dalam kategori mukena bunga di Tokopedia. Dahulu masyarakat berpikir bahwa mukena harus selalu berwarna putih bersih. Namun kini seiring dengan perkembangan zaman, muncul berbagai pilihan mukena dengan variasi model, warna, dan bahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya