SOLOPOS.COM - Kiper Timnas Indonesia U-19, Cahya Supriadi (kiri) dan pelatih Shin Tae-yong (kanan) memberikan keterangan dalam konferensi pers seusai pertandingan Grup A Piala AFF U-19 2022 kontra Thailand di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (6/7). Laga itu berakhir dengan skor imbang 0-0. (Michael Siahaan)

Solopos.com, BEKASI—Hasil sekali menang dan dua imbang menempatkan Timnas Indonesia U-19 pada posisi kurang menguntungkan untuk lolos semifinal Piala AFF U-19 2022. Indonesia tertahan di peringkat keempat klasemen sementara Grup A Piala AFF U-19 2022 dengan 5 poin dari dua laga.

Padahal di Piala AFF U-19 2022, hanya dua tim terbaik dari Grup A dan B yang berhak melaju ke empat besar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Akan tetapi, peluang Indonesia ke semifinal masih terbuka. Syaratnya, Indonesia mesti memenangkan dua laga pamungkas mereka di Grup A yakni kontra Filipina, Jumat (8/7) dan Myanmar, Minggu (10/7). Hasil imbang akan membuat pintu ke empat besar semakin tertutup.

Baca Juga: Jadwal Grup A Piala AFF U-19 Hari Ini, Bigmatch Indonesia vs Thailand

Ekspedisi Mudik 2024

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong (STY) mengetahui benar situasi yang ada di hadapannya. Namun, setidaknya ada dua tantangan yang mesti dilewati Timnas Indonesia U-19 demi mencapai target lolos semifinal.

Pertama, gelandang andalan sekaligus kapten timnya, Marselino Ferdinan cedera dan diperkirakan tak bisa tampil lagi sampai Piala AFF U-19 2022 selesai. Marselino merupakan figur penting di lini tengah skuat Garuda Nusantara. Dia bertugas menyeimbangkan dan mengatur organisasi tim.

Kedua, Timnas Indonesia U-19 tampak tak tajam ketika menghadapi kesebelasan dengan kualitas tangguh.

Baca Juga: Jadwal & Klasemen Grup A Piala AFF U-19 setelah Indonesia Pesta Gol 7-0

Indonesia bermain imbang 0-0 dengan Vietnam pada Sabtu (2/7) dan Thailand pada Rabu (6/7). Mereka “hanya” bisa melesakkan banyak gol ketika bersua Brunei Darussalam, Senin (4/7), yang berakhir dengan skor 7-0.

“Kami memang memiliki masalah penyelesaian akhir. Seharusnya masalah ini diselesaikan dengan keberadaan sistem pembinaan pesepak bola muda berkualitas bagus yang dapat menghasilkan penyerang-penyerang yang baik. Jadi kalau ada yang mengetahui penyerang bagus, beri tahu saya,” ujar STY di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (6/7/2022) malam seperti dikutip dari Antara.

Shin Tae-yong menegaskan Timnas Indonesia U-19 wajib lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 meski saat ini berada di posisi keempat Grup A. “Kami wajib lolos dari fase grup,” ujarnya.

Baca Juga: Rekor Buruk Shin Tae-yong Bayangi Timnas Indonesia U-19 Hadapi Thailand

Tim nasional U-19 Indonesia bermain seri tanpa gol dengan Thailand pada laga lanjutan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (6/7) malam. Hasil itu membuat Timnas Indonesia U-19 tertahan di peringkat keempat klasemen sementara Grup A Piala AFF U-19 2022 dengan 5 poin dari dua laga dan tidak menguntungkan untuk menuju semifinal.

Sementara tambahan 1 poin menempatkan Thailand dalam posisi kedua Grup A dengan 7 poin dari tiga pertandingan, sedang pemimpin grup masih dipegang Vietnam dengan poin serupa tapi unggul selisih gol.

Adapun peringkat ketiga diisi Myanmar (6 poin, tiga laga), disusul Filipina (0 poin, tiga laga) dan Brunei Darussalam sebagai juru kunci (0 poin, tiga laga).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya