SOLOPOS.COM - Cable Car di Sentosa Island Singapura (Ivan I/JIBI/Solopos)

Harianjogja.com, SLEMAN-Satu sekolah yang secara rutin melakukan study tour ke luar negeri yakni SMP 4 Pakem, Sleman. Sebelum program RSBI dihapus oleh pemerintah, memang sekolah ini sudah memiliki program ke studi banding ke luar negeri. Program serupa akan dijalankan lagi pada Desember 2014.

Sekolah ini merencanakan belajar ke Singapura serta Johor dan Kuala Lumpur, Malaysia dengan waktu empat hari tiga malam bagi siswa kelas VIII. Salah satu wilayah yang dituju adalah Singapore Science Center atau pusat pengetahuan Singapura. Kawasan itu adalah pusat wisata pendidikan yang terkenal lengkap dalam beragam ilmu pengetahuan yang dapat menambah wawasan semua umur termasuk siswa SMP.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Tiap siswa dibebani biaya sebesar Rp8 juta, belum termasuk pengurusan paspor tiap peserta dan berbagai keperluan siswa lainnya selama mengikuti tur. Sekolah mengirim angket persetujuan kepada walimurid. Jika wali murid tidak, anak mereka dapat memilih study tour di dalam negeri. Kepala SMP 4 Pakem, Ponidi, mengatakan tur ke luar negeri merupakan program rutin.

“Di sini itu tiap tahun, tapi tidak diwajibkan,” ungkapnya pekan lalu.

Menurutnya manfaat yang bisa diambil dari tur tersebut dapat diterapkan dalam proses pembelajaran. Salah satunya yang diterapkan di SMP 4 Pakem berkat studi sambil piknik ke luar negeri adalah tiadanya larangan bagi siswa membawa ponsel saat proses pembelajaran.

“Di sini malah wajib membuka internet,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Sleman, Arif Haryono mengatakan study tour bukan kegiatan yang wajib diikuti oleh siswa. Menurutnya tidak ada aturan khusus untuk menentukan lokasi tujuan study tour. Sekolah hanya disarankan menyebarkan angket untuk membuat analisis kebutuhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya