JAKARTA: Tidak saja umat Islam saja yang kadang punya waktu berbeda dalam perayaan Hari Raya Idul Fitri, kaum Buddha pun juga memiliki perhitungan masing-masing dalam merayakan Waisak.

Umat Buddha di Vihara Amurka Bumi Jakarta misalnya, hari ini tetap merayakan Waisak kendati pada 4 Mei lalu sudah menyelenggarakan kebaktian.

Menurut Unyu Unliu, salah seorang pengurus Vihara Amurka Bhumi, perayaan Waisak hari ini diisi dengan kegiatan sembahyang.

"Perayaan Waisak telah berlangsung sejak sepekan lalu. Pada 4 Mei lalu telah diselenggarakan kebaktian," katanya kepada Jaringan Berita Bisnis Indonesia, hari ini.

Demikian pula Vihara Avalokitesvara akan tetap menyelanggaran  kebaktian umum pada hari ini mulai pukul 10.00 WIB--12.00 WIB dan dilanjutkan pukul 16.00 WIB--18.00 WIB.

Vihara yang berlokasi di Jl Mangga Besar, Jakarta Barat tersebut sebenarnya telah merayakan Waisak pada pekan lalu, mengikuti penanggalan China.

Yuyung Junianti, salah seorang jemaat sekaligus penggiat di vihara tersebut mengatakan agenda hari ini adalah beribadah reguler, sekaligus memperingati Waisak Nasional sesuai penanggalan pemerintah Indonesia.

"Vihara kami beraliran Mahayana, yang mengikuti penanggalan negara-negara Buddha. Kami bisa merayakan Waisak dua kali," katanya.

Dia mengatakan sebagian jamaat di vihara tersebut juga ikut merayakan Waisak Nasional di Candi Borobudur, Jawa Tengah.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten