Striker Asal Sukoharjo Ini Masuk TC Timnas U-19 di Jakarta, Bagaimana Peluangnya?
Aksi Alfriyanto Nico saat membela Garuda Select melawan tim muda Inter Milan di Italia beberapa waktu lalu. (Istimewa/Instagram Alfriyanto Nico)

Solopos.com, SOLO — Striker jebolan Garuda Select asal Kabupaten Sukoharjo, Alfriyanto Nico, menjadi salah satu nama baru yang dipanggil Timnas U-19 untuk pemusatan latihan/training center (TC) di Jakarta, 13-23 November 2020.

Di Garuda Muda, Nico yang berposisi sebagai striker bakal bersaing dengan pemain macam Irfan Jauhari, Supriadi, Saddam Gaffar, Braif Fatari hingga Jack Brown untuk mencuri perhatian Shin Tae-yong.

Meski persaingan di lini depan cukup alot, mantan pemain didikan Pasoepati Football Academy (PFA) itu diyakini mampu tampil mengilap untuk terus bertahan dalam skuad. Timnas U-19 akan mengikuti dua event besar pada 2021 yakni Piala AFC dan Piala Dunia U-20.

Dalam 3 Jam, Lebih dari 140 Tikus di Sragen Mati Ditembak

Keyakinan itu disampaikan Manajer PFA, Dwi Joko, saat berbincang dengan Solopos.com, Minggu (15/11/2020). “Saya pribadi tak terlalu kaget ketika Nico dipanggil Timnas U-19. Dia memang layak berada di sana,” ujar Dwi.

Meski hanya membesut Nico selama enam bulan selama di PFA pada 2018, Dwi Joko paham sang pemain memiliki potensi yang akan terus berkembang. Menurut Dwi, pemain yang kini membela Persija Jakarta tersebut punya keinginan belajar besar dan tak cepat puas. Etos kerja itu, imbuhnya, membuat Nico punya perkembangan cukup pesat dalam hal skill maupun mental bertanding.

“Saya terus mengamatinya setelah dia dipanggil Garuda Select, kemudian direkrut Persija. Meski capaiannya itu luar biasa, dia menunjukkan masih ingin prestasi lebih,” ujar Dwi.

Dengan pengalaman menimba ilmu di Inggris dan Italia bersama Garuda Select selama Oktober 2019-Maret 2020, Dwi Joko yakin Nico bisa bersaing dengan tim asuhan Shin Tae-yong yang sebelumnya mengikuti TC di Kroasia.

Gol

Selama membela Garuda Select, Nico menjadi pencetak gol terbanyak ketiga tim dengan tujuh gol dari 21 laga. Torehannya hanya kalah dari Bagus Kahfi (16) dan M. Rafli (sembilan). Fleksibilitas Nico yang bisa bermain sebagai striker maupun winger juga bisa menjadi poin plus untuk adu performa dengan pemain macam Jack Brown hingga Irfan Jauhari.

Namun Dwi Joko mewanti-wanti striker asal Sukoharjo itu bahwa persaingan bisa lebih berat di level Timnas U-19. “Yang terpenting saat ini adalah sejauh mana Nico bisa segera beradaptasi dengan taktik dan program pelatih,” ujar eks arsitek Persiharjo Sukoharjo ini.

Terapkan Protokol Kesehatan Saat Ziarah di Taman Makam Pahlawan Boyolali

Sebagai informasi, Nico masuk dalam gerbong 38 pemain yang dipanggil Shin mengikuti TC di Jakarta. Dia bersama 11 pemain lain merupakan muka baru atau tidak mengikuti TC di Kroasia beberapa waktu lalu. Selain Nico, pemain Soloraya lain yang masuk TC Jakarta adalah Yofandani Damai. Namun kiper asal Karanganyar itu sudah dipanggil Timnas U-19 sejak Agustus 2020.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom