SOLOPOS.COM - Pegagan (melayukini.net)

Pegagan (melayukini.net)

Beban hidup seperti pekerjaan atau tekanan batin merupakan salah satu hal yang bisa menyebabkan stres. Jika sudah terkena stres, segala macam kegiatan tidak akan berjalan dengan baik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Praktisi herbal, Wahyu Sarhid menjelaskan, terkadang seseorang tidak menyadari telah dilanda stres. Stres memang tidak mempunyai tanda-tanda. Secara emosional stres juga dapat membuat otot-otot rahang sakit. Gejala ini biasanya terjadi pada saat bangun tidur dan merasa panik, maka menyebabkan rahang nyeri.

“Stres juga bisa mengakibatkan mual dan memicu ketidaknyaman. Pada tingkat tinggi, stres menunjukkan peningkatan gejala seperti sakit perut,” jelasnya saat ditemui Harian Jogja, di Karangasem CT III, No.3, Depok, Sleman, Rabu (14/3).

Saat mengalami stres, sistem kekebalan tubuh menjadi lemah. Hal itu memicu terjadinya pertumbuhan bakteri di mulut dan memicu iritasi dan peradangan gusi. Namun tak perlu cemas karena ada pegagan yang bisa meredakannya.

Tumbuhan ini biasa tumbuh di kebun, ladang, pematang sawah atau di tepi jalan. Tanaman ini tersebar di Asia Tenggara. Sudah sejak dahulu pegagan telah digunakan sebagai tanaman obat, seperti obat gangguan saraf (stres) dan memperbaiki peredaran darah.

Pegagan memiliki kandungan mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi, yang dipercaya dapat meredakan stres. Untuk mendapatkan manfaatnya, pegagan dapat dikonsumsi secara langsung sebagai lalapan. Herbal ini juga dengan dikeringkan untuk dijadikan teh.

Teh herbal pegagan Tazakka yang dikemas dalam bentuk teh celup juga bisa dijadikan alternatif. Selain mengonsumsi teh pegagan, ada baiknya penderita sering  olahraga, mengurangi konsumi kopi dan jauhi makanan yang menggunakan banyak bumbu.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya