Tutup Iklan

Stres Akibat Pandemi Bikin Generasi Milenial Sulit Ambil Keputusan

Ada hampir 50 persen dari 3.000 responden orang dewasa yang terlibat dalam survei tentang stres akibat pandemi Covid-19 ini.

 Ilustrasi stres akibat pandemi. (Premedlife.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi stres akibat pandemi. (Premedlife.com)

Solopos.com, SOLO-Sebuah survei penelitian menemukan stres akibat pandemi Covid-19 telah membuat orang-orang, khususnya orang Amerika, kesulitan dalam membuat keputusan. Penelitian ini  dilakukan oleh American Psychological Association.

Ada hampir 50 persen dari 3.000 responden orang dewasa yang terlibat dalam survei tentang stres akibat pandemi Covid-19 ini. Hasilnya mereka  mengaku sangat berjuang keras menyelesaikan tugas sehari-harinya di tengah pandemi  Covid-19.

Penelitian yang lain pun juga melaporkan hal sama terkait stres akibat pandemi sebagai perbandingan . Sebanyak 37 persen generasi Z, 32 persen generasi X, 14 persen generasi boomer dan 3 persen orang dewasa tua mengalami kesulitan ambil keputusan karena stres pandemi virus corona Covid-19.

Baca Juga: Hilangkan Kecemasan dengan Hipnotis 5 Jari, Begini Caranya

Hampir sepertiga orang dewasa yang mengikuti Survei Ketahanan Agustus/Covid-19 online oleh The Harris Poll mengatakan mereka terkadang sangat stres menghadapi pandemi Covid-19, sehingga kesulitan mengambil keputusan dasar.

Lalu, lebih sepertiga dari mereka mengaku lebih stres untuk membuat keputusan dibandingkan sebelum pandemi virus corona Covid-19, baik keputusan sehari-hari hingga keputusan besar dalam hidup.  Dalam hal ini, orang dewasa muda cenderung lebih stres ketika mengambil keputusan. Sebanyak 60 persen setuju bahwa pandemi virus corona Covid-19 telah membuat  mereka memikirkan kembali caranya menjalani hidup ke depannya.

Sebanyak 63 persen mengaku ketidakpastian situasi sekarang justru membuatnya stres dan sekitar setengahnya telah membuat perencanaan untuk masa depan yang masih terasa mustahil. “Tidak heran bila banyak generasi muda yang cenderung berjuang untuk membuat keputusan dan tingkat stres mereka yang lebih tinggi,” kata peneliti dikutip dari Fox News dan dikutip suara.com, Kamis (28/10/2021).

Baca Juga: 28 Oktober Jadi Trending Topic, Warganet Cuitkan Hari Sumpah Pemuda

Generasi Z dewasa, generasi milenial,  dan generasi X melaporkan tingkat stres yang rata-rata lebih tinggi selama sebulan terakhir akibat pandemi virus corona Covid-19, dibandingkan generasi boomer dan orang dewasa tua. Bahkan, sekitar setengah dari orang dewasa dan generasi Z milenim mengakui tidak tahu caranya mengelola stres selama pandemi virus corona Covid-19. Kelelahan dalam mengambil keputusan memberikan dampak yang tidak proporsional pada orang tua, termasuk mereka yang memiliki anak kecil.

Karena stres pandemi virus corona ini, hampir tiga perempat orang dewasa AS mengaku telah mengalami berbagai dampak kesehatan, seperti sakit kepala, merasa kewalahan, kelelahan dan perubahan kebiasaan tidur.

Selain itu, stres pandemi virus corona juga menyebabkan perubahan perilaku, termasuk menghindari situasi sosial, perubahan kebiasaan makan, menunda atau mengabaikan tanggung jawab dan perubahan aktivitas fisik.

Meski demikian, survei secara keseluruhan menemukan bahwa tingkat sres tetap stabil pada orang dewasa AS yang tetap memiliki pandangan positif selama pandemi virus corona.


Berita Terkait

Berita Terkini

+ PLUS Mengenal De Tjolomadoe yang Baru Saja Merayakan HUT ke-160

Setelah mengalami revitalisasi pada 2017, kini De Tjolomadoe menjadi salah satu destinasi wisata.

Mengenal Narkoba Jenis LSD Seperti Dipakai Jeff Smith

Bukan hanya Jeff Smith, anggota boyband Ikon, Kim Han Bin atau B.I., juga pernah tersandung narkoba jenis LSD ini.

Doa Ketika Menjenguk Orang Sakit, Lengkap dengan Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa yang bisa dibaca ketika menjenguk orang sakit menurut Islam, dilengkapi latin dan juga artinya.

Manfaat Lain Buah Jeruk untuk Deteksi Kanker, Begini Caranya

Seorang mahasiswa telah mengembangkan teknik deteksi kanker yang terbuat dari jus jeruk.

Melihat Gunung Meletus di Mimpi? Ini Artinya

Bagi Anda yang pernah mengalami mimpi gunung meletus tentu akan merasa penasaran.

Viral Kucing Selamat dari Erupsi Gunung Semeru, Warganet: Punya 9 Nyawa

Video yang memperlihatkan seekor kucing berwarna putih selamat dari erupsi Gunung Semeru itu hingga Rabu (8/12/2021) menuai 3.742 komentar

Kemenkes Tegaskan Varian Omicron Belum Masuk Indonesia

Kemenkes belum mendeteksi varian omricon masuk ke Indonesia.

WHO Sebut Vaksin Covid-19 Bisa Lindungi dari Varian Omicron

WHO menyebutkan bahwa vaksin Covid-19 mampu membentuk kekebalan tubuh untuk melindungi dari infeksi virus varian Omicron.

Ide Kado untuk Hari Ibu: Murah, Sederhana Tapi Mengesankan

Berikut ini terdapat rekomendasi ide kado atau hadiah yang murah, sederhana tapi mengesankan di momen Hari Ibu tanggal 22 Desember 2021 mendatang.

Doa Supaya Tidak Mudah Lupa dan Kuat Ingatan dalam Islam

Berikut ini terdapat doa supaya tidak mudah lupa dan kuat dalam ingatan menurut ajaran Islam. Dibaca setelah salat wajib 5 waktu ya!

Bagaimana Cara Mengatasi Nyeri Lutut, Dipijat?

Bagaimana sih cara mengatasi nyeri lutut yang dialami oleh seseorang, apakah diperbolehkan dipijat? Yuk cari tahu di sini!

Punya Rekan Kerja Toxic? Jangan Buru-Buru Resign, Lakukan Ini Dulu

Nah, agar kamu terhindar dari dampak buruk akibat memiliki rekan kerja yang toxic, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghadapinya.

Berikut Ini Manfaat Peanut Ball Untuk Proses Persalinan

Manfaat peanut ball untuk proses persalinan ibu hamil bisa jadi belum begitu familier di Indonesia.

Lakukan Ini Setelah Mengalami Kekerasan Seksual

Ketahui langkah apa saja yang harus Anda lakukan setelah mengalami kekerasan seksual.

5 Tempat Wisata di Indonesia Ini Cocok untuk Bulan Madu

Di masa pandemi, melakukan bulan madu tak perlu pergi ke luar negeri, karena banyak tempat wisata di Indonesia tak kalah keren.

Ini Syarat Mendapatkan Vaksin Booster Gratis dari Pemerintah

Ada sejumlah syarat untuk mendapatkan vaksin booster Covid-19 gratis dari pemerintah.