Tutup Iklan

Stres Akibat Pandemi Bikin Generasi Milenial Sulit Ambil Keputusan

Ada hampir 50 persen dari 3.000 responden orang dewasa yang terlibat dalam survei tentang stres akibat pandemi Covid-19 ini.

 Ilustrasi stres akibat pandemi. (Premedlife.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi stres akibat pandemi. (Premedlife.com)

Solopos.com, SOLO-Sebuah survei penelitian menemukan stres akibat pandemi Covid-19 telah membuat orang-orang, khususnya orang Amerika, kesulitan dalam membuat keputusan. Penelitian ini  dilakukan oleh American Psychological Association.

Ada hampir 50 persen dari 3.000 responden orang dewasa yang terlibat dalam survei tentang stres akibat pandemi Covid-19 ini. Hasilnya mereka  mengaku sangat berjuang keras menyelesaikan tugas sehari-harinya di tengah pandemi  Covid-19.

Penelitian yang lain pun juga melaporkan hal sama terkait stres akibat pandemi sebagai perbandingan . Sebanyak 37 persen generasi Z, 32 persen generasi X, 14 persen generasi boomer dan 3 persen orang dewasa tua mengalami kesulitan ambil keputusan karena stres pandemi virus corona Covid-19.

Baca Juga: Hilangkan Kecemasan dengan Hipnotis 5 Jari, Begini Caranya

Hampir sepertiga orang dewasa yang mengikuti Survei Ketahanan Agustus/Covid-19 online oleh The Harris Poll mengatakan mereka terkadang sangat stres menghadapi pandemi Covid-19, sehingga kesulitan mengambil keputusan dasar.

Lalu, lebih sepertiga dari mereka mengaku lebih stres untuk membuat keputusan dibandingkan sebelum pandemi virus corona Covid-19, baik keputusan sehari-hari hingga keputusan besar dalam hidup.  Dalam hal ini, orang dewasa muda cenderung lebih stres ketika mengambil keputusan. Sebanyak 60 persen setuju bahwa pandemi virus corona Covid-19 telah membuat  mereka memikirkan kembali caranya menjalani hidup ke depannya.

Sebanyak 63 persen mengaku ketidakpastian situasi sekarang justru membuatnya stres dan sekitar setengahnya telah membuat perencanaan untuk masa depan yang masih terasa mustahil. “Tidak heran bila banyak generasi muda yang cenderung berjuang untuk membuat keputusan dan tingkat stres mereka yang lebih tinggi,” kata peneliti dikutip dari Fox News dan dikutip suara.com, Kamis (28/10/2021).

Baca Juga: 28 Oktober Jadi Trending Topic, Warganet Cuitkan Hari Sumpah Pemuda

Generasi Z dewasa, generasi milenial,  dan generasi X melaporkan tingkat stres yang rata-rata lebih tinggi selama sebulan terakhir akibat pandemi virus corona Covid-19, dibandingkan generasi boomer dan orang dewasa tua. Bahkan, sekitar setengah dari orang dewasa dan generasi Z milenim mengakui tidak tahu caranya mengelola stres selama pandemi virus corona Covid-19. Kelelahan dalam mengambil keputusan memberikan dampak yang tidak proporsional pada orang tua, termasuk mereka yang memiliki anak kecil.

Karena stres pandemi virus corona ini, hampir tiga perempat orang dewasa AS mengaku telah mengalami berbagai dampak kesehatan, seperti sakit kepala, merasa kewalahan, kelelahan dan perubahan kebiasaan tidur.

Selain itu, stres pandemi virus corona juga menyebabkan perubahan perilaku, termasuk menghindari situasi sosial, perubahan kebiasaan makan, menunda atau mengabaikan tanggung jawab dan perubahan aktivitas fisik.

Meski demikian, survei secara keseluruhan menemukan bahwa tingkat sres tetap stabil pada orang dewasa AS yang tetap memiliki pandangan positif selama pandemi virus corona.


Berita Terkait

Espos Plus

Cerpen Selendang Bidadari

+ PLUS Cerpen Selendang Bidadari

Siapa tahu keberadaan bidadari itu bukanlah sekadar dongeng seperti pemikirannya selama ini. Mereka sedang mandi saat ini dan Darodin ingin mencuri selendangnya, satu saja.

Berita Terkini

Vaksin Dosis Ketiga Covid-19 Ada yang Berbayar, Berapa Harganya?

Rencananya, penerapan vaksin dosis ketiga Covid-19 berbayar ini mulai Januari 2022.

Ketahui Penyebab Seseorang Bunuh Diri, Salah Satunya Depresi

Jika orang sering merasakan kegagalan berulang dan merasa putus asa, ini juga bisa menjadi penyebab bunuh diri. 

Gunung Semeru Erupsi, Warganet Serukan Pray for Lumajang di Twitter

Warganet menunjukkan kepedulian mereka terhadap warga Lumajang yang sedang mengalami musibah dengan bersama-sama menggunakan tagar pray for Lumajang di jagat Twitter.

Tagar Randy Bagus Hari Sasongko Trending di Twitter

Diketahui, Bripka Randy Bagus ini berdinas di Polres Pasuruan dan telah ditetapkan tersangka.

Waspadai Dampak Debu Vulkanik Seperti Dikeluarkan Gunung Semeru

Akademisi dan Praktisi Klinis, Ari Fahrial Syam mengimbau agar masyarakat mewaspadai dampak dari debu vulkanik seperti dikeluarkan Gunung Semeru.

Lakukan Ini Saat Tersesat di Gunung Seperti Dialami WNA Ukraina

Ada sejumlah hal bisa Anda lakukan saat mengalami tersesat di gunung.

Melihat Keindahan 5 Danau di Gunung Semeru yang Saat Ini Erupsi

Bukan hanya puncaknya yang bernama Mahameru yang menarik perhatian, melainkan sejumlah danau atau ranu di Gunung Semeru juga menyimpan pesona tersendiri.

Kematian Novia Widyasari Jadi Sorotan, Kata Diperkosa Trending Twitter

Kata diperkosa terkait kasus kematian Novia Widyasari trending di Twitter, begitu pula dengan tagar noviawidyasari yang telah menuai 4.805 tweet.

Lakukan Ini Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi Seperti Gunung Semeru

Bagi warga yang hidup di sekitar gunung berapi biasanya sudah tahu apa yang harus dilakukan saat terjadi letusan, namun lain halnya dengan wisatawan.

Mengenal Bahaya yang Timbul Akibat Letusan Gunung Berapi Seperti Semeru

Bagi warga yang hidup di sekitar harus pandai-pandai menyesuaikan diri dengan selalu waspada dan siap siaga terhadap bahaya letusan gunung berapi.

Galon Isi Ulang Disebut Mengandung BPA, Benarkah Berbahaya bagi Tubuh?

Di Amerika Serikat dan Uni Eropa, larangan kandungan BPA pada kemasan pangan diterapkan untuk produk bayi dan food contact material.

Ini Tanda-Tanda Tempat Kerja Toxic, Saatnya Keluar dari Pekerjaan

Lingkungan tempat kerja yang beracun atau toxic tentu bikin kita tidak nyaman bekerja dan menguras energi semata.

Intip Berbagai Aturan Karantina di Sejumlah Negara

Berikut berbagai aturan karantina di sejumlah negara yang perlu Anda ketahui.

Doa Mohon Ampun dari Dosa Besar, Lengkap Ada Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa memohon ampunan dari dosa besar dan kesalahan lainnya menurut ajaran Islam yang dilengkapi latin dan artinya.

Virus Omicron 3 Kali Lebih Berisiko Picu Infeksi Ulang daripada Delta

Para ilmuwan di Afrika Selatan mengatakan varian Omicron setidaknya tiga kali lebih mungkin picu infeksi ulang.

+ PLUS Anjuran Pimpinan MTA Soal Menyantuni Anak Yatim

Siapa tahu sedekah kita untuk anak-anak yatim itulah yang akan menyelamatkan kita dari siksa api neraka dengan rida Allah.