Tutup Iklan

Strategi Pemerintah Tekan PHK saat Isu Perpanjangan PPKM Darurat

Pemerintah menyusun kebijakan baru untuk menekan potensi PHK yang bakal dialami buruh selama PPKM Darurat.

 Sejumlah perwakilan karyawan PT SSG mengikuti mediasi dengan manajemen perusahaan yang difasilitasi forum komunikasi pimpinan kecamatan (Forkopimcam) Baki, Sabtu (8/5/2021). (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

SOLOPOS.COM - Sejumlah perwakilan karyawan PT SSG mengikuti mediasi dengan manajemen perusahaan yang difasilitasi forum komunikasi pimpinan kecamatan (Forkopimcam) Baki, Sabtu (8/5/2021). (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah tengah menyusun kebijakan baru untuk menekan potensi pemutusan hubungan kerja yang bakal dialami buruh selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat darurat. Kabar terkait PHK itu tersebar saat beredar kencang isu perpanjangan PPKM Darurat.

Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika Dedy Permadi mengatakan pemerintah sedang menyusun langkah guna menyelamatkan pekerja dari PHK sekaligus memperpanjang nafas perusahaan di tengah isu perpanjangan PPKM Darurat. “Saat ini, pemerintah dengan serius menyusun langkah langkah untuk menghindari PHK karyawan dan di saat bersamaan menyelamatkan perusahaan,” katanya saat konferensi pers virtual, Rabu (14/7/2021).

Baca Juga: Singapura Batasi Ketat Pendatang dari Indonesia

Namun, dia tidak menjelaskan kebijakan apa yang akan diterbitkan. Selain itu, Dedy tidak pula menjabarkan kapan strategi tersebut bakal diberlakukan di lapangan.

Dia juga menyebutkan bahwa Koordinator PPKM Darurat Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, telah meminta Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah untuk menerbitkan penafsiran kerja dari rumah atau work from home. Langkah ini dilakukan untuk menghindari beda penafsiran terhadap WFH.

Definisi Dirumahkan

“Termasuk di dalamnya definisi dirumahkan yang berpotensi berdampak pada pengurangan upah buruh dan pekerja,” terangnya.

Lebih lanjut, permintaan Luhut kepada Menaker tersebut mempertimbangkan banyak pekerja yang terancam mengalami pemutusan hubungan kerja maupun buruh yang dirumahkan.

Baca Juga: 2 Warga AS Terlibat Pembunuhan Presiden Haiti

Satgas Penanganan Covid-19 melaporkan jumlah tambahan pasien Covid-19 baru mencapai 54.517 kasus pada hari ini, Rabu (14/7/2021). Penambahan kasus baru ini menjadi rekor baru sejak awal pandemi Covid-19. Berdasarkan data terbaru Satgas Covid-19, kenaikan kasus positif tersebut menjadikan angka terkonfirmasi secara akumulasi mencapai 2.670.046 orang.

Selain itu, kasus sembuh harian mencapai 17.762 kasus. Dengan demikian, total pasien yang telah sembuh dari infeksi virus Corona mencapai 2.157.363 per hari ini. Pada saat yang sama, jumlah pasien yang meninggal karena Covid-19 mencapai 991 kasus sehingga totalnya menjadi 69.210 kasus.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

Sejarah Hari Ini : 29 November 1899, FC Barcelona Berdiri di Spanyol

Berdirinya FC Barcelona merupakan satu dan sekian banyak peristiwa yang terjadi pada 29 November seperti terangkum dalam Sejarah Hari Ini.

Pemerintah Untuk Sementara Tutup Pintu Masuk Indonesia

Peraturan ini dikecualikan kepada pemegang visa diplomatik dan dinas, pejabat asing setingkat menteri ke atas, beserta rombongan yang melakukan kunjungan resmi.

Dihantui Varian Omicron, Israel Ngotot Gelar Miss Universe

Peserta Miss Universe akan diberikan keringanan dengan kemungkinan menjalani tes usap PCR setiap 48 jam dan tindakan pencegahan lainnya.

Direvisi Luhut, Ini 11 Negara yang Warganya Dilarang Berkunjung

Tak berapa lama setelah pengumuman Ditjen Imigrasi, Luhut Binsar Pandjaitan melakukan jumpa pers merevisi jumlah negara yang warganya dilarang berkunjung ke Indonesia.

Dukung Anies Capres 2024, Emak-Emak Sumut Gerilya via Medsos

Emak-emak Sumatra Utara itu gencar menyosialisasikan Anies Baswedan melalui berbagai media sosial (medsos).

Lolos Ujian, Erick Thohir Resmi Jadi Anggota Banser

Tak berbeda dengan calon anggota lain, Erick Thohir juga menjalani sejumlah ujian yang cukup berat untuk menjadi anggota.

Pria di Bukittinggi Habisi Nyawa Selingkuhan Istri

Kapolresta Bukittinggi mengatakan pelaku mendapati istrinya berselingkuh dengan korban ketika pulang ke rumah.

Satu dari 15 Perempuan Usia 15 Tahun ke Atas Jadi Korban Kekerasan

Pemilihan rentang waktu tersebut untuk menghubungkan secara simbolis kekerasan terhadap perempuan dan hak asasi manusia. Kekerasan terhadap perempuan adalah pelanggaran hak asasi perempuan.

Nekat, Pria Guatemala Menyusup di Roda Pesawat Hingga ke AS

Seorang penumpang gelap asal Guatemala yang bersembunyi di bilik roda pendarat pesawat American Airlines yang terbang ke Miami, Florida, Amerika Serikat.

Perhatian! Indonesia Terlarang untuk Kunjungan Warga 8 Negara Ini

Jika ada orang asing yang pernah berkunjung ke negara-negara tersebut dalam kurun waktu 14 hari ke belakang, maka di tempat pemeriksaan imigrasi akan langsung ditolak masuk Indonesia.

Pentolan KKB Papua Diringkus, Ini Deretan Kejahatannya

Kepala Satgas Humas Operasi Nemangkawi, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal menyebutkan, Temius Magayang merupakan Komandan Operasi KKB XVI Wilayah Yahukimo sekaligus buronan sederet kasus pembunuhan.

Covid-19 Varian Omicron Muncul di Afrika, Sejumlah Negara Tutup Pintu

Sejumlah negara memperketat pembatasan perjalanan setelah virus corona Covid-19 varian baru diidentifikasi di kawasan Afrika selatan awal pekan ini.

Gamelan Memengaruhi Musik Barat Sejak Awal Abad XX

Pagodes dari Estampes pour Piano (1903), misalnya, menggunakan sistem pentatonik dan tempi bertingkat (semakin tinggi nada, semakin cepat suaranya; semakin rendah nadanya, semakin lambat suaranya) yang membangkitkan suara gamelan

Facebook Dominasi Sebaran Hoaks Soal Covid-19, Ini Datanya!

Facebook menjadi platform media sosial yang paling banyak digunakan untuk menyebar informasi tidak benar alias hoaks terkait Covid-19.

Pelaku Ditangkap, Ini Kronologi Kasus Mutilasi Driver Ojol di Bekasi

Warga dihebohkan dengan kasus mutilasi yang korbannya ditemukan di tepi jalan Kecamatan Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Inisiatif Masjid Hijau Menggalang Komunitas Masjid Peduli Krisis Iklim

Aliansi Umat untuk Bumi atau Ummah for Earth bersama Greenpeace Timur Tengah dan Afrika Utara mengumumkan peluncuran inisiatif baru masjid hijau yang bertujuan mengurangi jejak karbon masjid.