Stok Vaksin Menipis, Pemkot Semarang Kurangi Pelayanan Vaksinasi Covid-19

Pemkot Semarang mulai menghadapi kendala menipisnya stok vaksin di tengah upaya percepatan vaksinasi Covid-19.

 Astra Group Jawa Tengah melaksanakan program Vaksinasi Covid-19 bagi 19 perusahaannya, dimulai dari wilayah Semarang dan sekitarnya. (Istimewa) 

SOLOPOS.COM - Astra Group Jawa Tengah melaksanakan program Vaksinasi Covid-19 bagi 19 perusahaannya, dimulai dari wilayah Semarang dan sekitarnya. (Istimewa) 

Solopos.com, SEMARANG – Harapan Pemkot Semarang agar herd immunity atau kekebalan kelompok segera terbentuk tampaknya masih jauh dari kenyataan. Percepatan vaksinasi Covid-19 yang jadi tumpuan di Kota Semarang justru menghadapi hambatan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Semarang, dr. Mochamad Abdul Hakam, mengaku pihaknya sudah melakukan berbagai upaya untuk menggenjot vaksinasi. Upaya itu mulai dari memaksimalkan layanan puskesmas, membuka belasan sentra vaksinasi, hingga mendatangi rumah-rumah penduduk yang akan divaksin.

Meski demikian, upaya itu mengalami kendala di lapangan. Kendala tak lain adalah menipisnya ketersediaan vaksin yang dimiliki Kota Semarang.

Alhasil, Pemkot Semarang pun harus menutup sejumlah layanan vaksinasi yang sebelumnya dibuka. Ada 3 sentra vaksinasi dan 7 puskesmas yang menyetop layanan vaksinasi karena tak adan stok vaksin. Sementara 16 puskesmas juga hanya melayani vaksinasi dosis kedua.

Baca Juga: Menengok Industri Batik di Kampung Batik Semarang, Lokasinya di Dekat Kota Lama

“Saat ini ketersediaan vaksin Kota Semarang tinggal 38.050 dosis, yang perkiraannya hanya cukup untuk 2 hari ke depan. Kita masih menunggu distribusi vaksin dari provinsi yang berasal dari pusat, di mana pusat juga belum 100% ready,” ujar Hakam dalam keterangan resmi yang diterima Solopos.com, Selasa (27/7/2021) malam.

Meskipun begitu, Hakam pun meyakinkan Pemkot Semarang tetap membuka pendaftaran vaksinasi secara online. Nantinya, pendaftar akan difasilitasi vaksinasi sesuai ketersediaan stok.

“Akhirnya kami siasati dengan menyiapkan mekanisme pendaftaran secara online. Kami jadwalkan sesuai dengan ketersedian vaksin yang ada,” tekannya.

Baca Juga: Mahasiswa Ini Dihantui Kepala Melayang di Kamar Kostnya

Tak Ada Stok

Di sisi lain, Hakam sendiri menuturkan masih berharap bisa mendapatkan buffer stock dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Terpisah, Kepala Dinkes Jateng, dr. Yulianto Prabowo, tak menampik kesulitan untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi di Kota Semarang.

“Kalau ada kita bagi, sekarang enggak ada [stok vaksin]. Sudah kita distribusikan semua,” tutur Yulianto.

Yulianto mengaku saat ini hanya mendapat alokasi vaksin dari pemerintah pusat sekitar 500.000 dosis per pekan. Itu pun sekitar 60-65% merupakan jatah TNI-Polri.

Baca Juga: Beredar Kabar Nakes RSUD Ambarawa Ditusuk Keluarga Pasien Covid-19, Ini Klarifikasi Polda Jateng

“Vaksinnya saja 500.000 dosis per pekan, ya menyesuaikan. Kalau vaksinnya sepekan 2 juta, kita bisa habiskan. Kalau 500.000 dosis yang seusai yang ada saja,” terangnya.


Berita Terkait

Espos Premium

Peringati Sumpah Pemuda dengan Gerakan Menjaga Iklim

Peringati Sumpah Pemuda dengan Gerakan Menjaga Iklim

Gerakan jaga iklim dari rumah adalah menambah ilmu seputar menjaga iklim melalui berbagai diskusi virtual, melakukan aksi hemat pemakaian energi listrik dan air, dan tidak membuang makanan.

Berita Terkini

Pengurus Baru IPHI Sidorejo Salatiga Dilantik, Ini Ketuanya

Setelah tertunda setahun akibat pandemi Covid-19, pengurus baru IPHI Sidorejo, Kota Salatiga, dilantik.

Beredar Video Tol Batang-Semarang Akan Ditutup Total, Ini Faktanya

PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) memberikan klarifikasi terkait beredar video yang menyebutkan Tol Batang-Semarang akan ditutup pada 25 Oktober hingga 4 November.

Ratusan Ribu Batang Rokok Disita Bea Cukai Kudus

Sebanyak 358.560 batang rokok ilegal disita Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Kudus, Jawa Tengah.

Tak Kuat Tanjakan, Truk Kontainer Sebabkan Kecelakaan di Tol Semarang

Kecelakaan melibatkan truk kontainer dengan empat mobil terjadi di Tol Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Petani Di Grobogan Tewas Tersetrum Jebakan Tikus di Sawah

Warijo, 56, warga Desa Krangganharjo, Kecamatan Toroh, Grobogan meninggal dunia setelah tersengat aliran listrik jebakan tikus di sawahnya.

109 Objek Wisata Banyumas Buka Lagi, Pemerintah Wajibkan Ini

Sebanyak 109 objek wisata di Kabupaten Banyumas mulai buka kembali di tengah PPKM level dua, tetapi wajib memiliki aplikasi PeduliLindungi.

Mantap! Seniman Soloraya Dominasi Bhayangkara Mural Festival

Polda Jateng menggelar Bhayangkara Mural Festival 2021, di mana urutan 11 terbaik didominasi seniman dari wilayah Soloraya.

Tak Hanya di Salatiga, Gempa Juga Guncang Semarang & Temanggung

Gempa bumi di daratan atau gempa darat tidak hanya terjadi di Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng), tapi juga di wilayah Kabupaten Semarang dan Temanggung.

Waduh! Solar Kian Langka, Nelayan di Rembang Enggan Melaut

Nelayan di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah (Jateng) harus menghentikan aktivitas melaut menyusul solar langka.

Menikmati Night View Purwokerto dari Puncak Agaran, Syahdu...

Bukit Agaran ini berada di Desa Melung, Kecamatan Kedungbanten, atau sekitar 15 km dari Purwokerto menuju arah utara.

Jangan Panik! Rentetan Gempa Salatiga Tak Berpengaruh ke Merapi

BPPTKG menyebutkan rentetan 15 kali gempa bumi yang terjadi di Salatiga dan Ambarawa tak berpengaruh pada aktivitas Gunung Merapi.

Rentetan 15 Kali Gempa Terjadi di Salatiga & Ambarawa, Ini Kata BMKG

Sejak Sabtu (23/10/2021) dini hari hingga siang pukul 14.00 WIB, rentetan 15 kali gempa bumi terjadi di wilayah Kota Salatiga dan Ambarawa.

Salatiga & Ambarawa Diguncang Gempa, Netizen: Setiap 15 Menit Gempa

Rentetan gempa bumi yang terjadi di Salatiga, Ambarawa, dan sekitarnya membuat warganet panik.

Salatiga-Ambarawa Diguncang Gempa, BMKG: Dangkal, Warga Tak Perlu Panik

BKMG menyebut gempa yang terjadi di Kota Salatiga dan Ambarawa merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal Merapi-Merbabu.

Istimewanya Lentog Tanjung, Perpaduan Opor dan Semur yang Nikmat

Lentog tanjung merupakan hidangan lontong dicampur dengan sayur lodeh tahu dan gori atau nangka muda.

2 Gempa Susulan Kembali Goyang Ambarawa

Gempa susulan pada 09.34 WIB berkekuatan Magnitudo 3.0 dan gempa kedua pada pukul 09.51 WIB berkekuatan Magnitudo 3.3.