SOLOPOS.COM - Harga telur ayam di Kabupaten Karanganyar dijual Rp30.000-Rp32.000 per kilogram. Foto diambil Selasa (30/5/2023). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Harga telur ayam di Karanganyar terus merangkak naik. Saat ini harga telur ayam di pasaran mencapai Rp30.000 hingga Rp32.000 per kilogram (kg).

Dalam sepekan, kenaikan harga telur ayam mencapai Rp3.000 per kg-nya. Kenaikan harga diduga dipicu mahalnya harga pakan ternak.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pedagang telur ayam di Pasar Jungke, Maya, 35, mengatakan harga telur ayam mulai naik sejak dua pekan terakhir. Kenaikan harga telur ayam bisa mencapai Rp3.000 per kg dalam sepekan terakhir.

“Minggu kemarin harga telur ayam masih Rp27.000 per kilo. Sekarang sudah Rp30.000, kalau di pengecer warung kelontong bisa Rp32.000 per kilonya,” kata dia kepada Solopos.com, Sabtu (27/5/2023).

Dia tidak mengetahui secara pasti penyebab kenaikan harga telur ayam tersebut. Dari segi pasokan, kata dia, sebenarnya sangat berlimpah.

Artinya tidak ada kekosongan stok yang biasanya memicu kenaikan harga telur di pasaran. Sejauh ini harga telur ayam di pasaran belum menunjukkan tren menurun.

“Masih naik terus harganya. Belum tahu kapan turunnya,” kata dia dijumpai pada Selasa (30/5/2023).

Akibat kenaikan harga telur, dia mengaku daya beli masyarakat sedikit menurun. Bahkan beberapa pembeli rela mencari telur pecah dan membeli dengan harga Rp28.000 per kilogram.

Kepala Dinas Perdagangan Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disdagnakertrans) Karanganyar, Martadi, mengatakan kenaikan harga telur diduga akibat naiknya harga pakan. Mengingat ketersediaan telur di pasaran masih sangat berlimpah.

Menurut Martadi, kenaikan harga telur terjadi sejak pekan pertama Mei lalu. Harga ini terus mengalami kenaikan hingga pekan ketiga di bulan ini.

“Harga terus mengalami kenaikan. Kenaikan harga telur kemungkinan disebabkan kenaikan harga pakan ternak,” jelasnya.

Meski terjadi kenaikan harga, Martadi menuturkan, pasokan masih lancar. Pihaknya terus melakukan pemantauan ketersediaan telur di pasaran.

Selain telur, lanjut Martadi, harga daging ayam juga mengalami kenaikan. Saat ini harga daging ayam mencapai Rp38.000 per kilogram. Sedangkan untuk harga komoditas pangan lain, seperti beras masih stabil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya