SOLOPOS.COM - Logo PMI. (Istimewa/PMI).

Solopos.com, SUKOHARJO — Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Sukoharjo hari ini, Senin (28/11/2022) pada pukul 07.00 WIB masih cenderung stabil aman. Seperti biasa, stok paling  sedikit yakni golongan darah jenis  thrombocyte concentrates atau trombosit atau TC.

Golongan darah AB TC paling sedikit yakni tiga. Data tersebut didapatkan dari Instagram resmi @pmisukoharjo, pada Senin siang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Data lainnya stok darah di PMI Sukoharjo yakni sebagai berikut:

Golongan darah A whole blood atau darah lengkap (WB) sebanyak 34 kantong, packed red cell atau sel darah merah (PRC) sebanyak 67 kantong, dan TC sebanyak 4  kantong. Sementara golongan darah B WB sebanyak 20 kantong, PRC masih di angka 48 kantong, dan TC 5 kantong

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Bulan Ramadan, Stok Darah PMI Karanganyar Turun 50%

Selanjutnya golongan darah O WB cukup banyak yakni 72 kantong, PRC sebanyak 133 kantong, dan TC sebanyak 8 kantong. Terakhir yakni golongan darah AB WB sebanyak 13 kantong, PRC sebanyak 17 kantong, dan AB TC 3 kantong.

Dilansir dari PMI, mengenai stok darah di PMI Sukoharjo whole blood merupakan bahan baku pengolahan darah yang akan menjadi komponen darah lainnya. WB ini digunakan untuk transfusi tanpa pengolahan lebih lanjut kecuali jika diperlukan.

Selain itu, WB juga digunakan untuk orang yang mengalami kecelakaan yang menyebabkan ia kehilangan banyak darah. Namun saat ini penggunaan WB sudah dibatasi karena transfusi darah lengkap ini diberikan kepada pasien yang mengalami pendarahan akut.

Kemudian dosis yang diberikan harus didasarkan pada kondisi klinis pasien, perkiraan kehilangan darah dan tindakan lain yang digunakan untuk menjaga stabilitas hemodinamik.

Sementara, PRC memiliki kandungan protein yaitu hemoglobin. Hemoglobin adalah protein yang berasal dalam sel darah merah yang berfungsi sebagai transportasi makanan.

Baca juga: Donor Darah Harian Jogja Berhasil Mengumpulkan 56 Kantong

Orang yang memiliki Hb rendah atau Anemia biasanya yang menerima transfusi darah PRC.

Terakhir, TC merupakan komponen darah yang berisi trombosit. Trombosit berfungsi untuk menghentikan pendarahan dan berperan dalam pembekuan darah.

Orang yang menerima transfusi TC biasanya orang-orang yang mengalami trombositopenia (penurunan kadar trombosit) salah satu contohnya pada kasus demam berdarah dan penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus.

Masih berdasarkan keterangan Instagram @pmisukoharjo mengenai stok darah PMI Sukoharjo, donor darah bisa dilakukan melalui empat langkah.

Lengkah pertama mengisi registrasi dan mengisi formulir pendonor. Langkah kedua pemeriksaan kesehatan pendonor. Langkah keempat melaksanakan donor darah. Langkah kelima yakni istirahat sejenak dan menikmati menu donor sebelum pulang.

Baca juga: PMI SEMARANG : Begini Ketersediaan Darah saat Libur Akhir Tahun…

PMI Sukoharjo juga menginformasikan bahwa pelayanan darah dan donor darah di Kantor PMI Sukoharjo buka hingga 24 jam. Masyarakat yang merasa sedang sehat disarankan melakukan donor darah untuk menjaga stok darah di PMI Sukoharjo.

Sementara, berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, stok darah jenis trombosit paling sedikit karena darah trombosit tidak bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama. Maksimal yakni hanya lima hari. 

Stok darah jenis trombosit akan terbuang jika tidak segera diminta oleh pihak rumah sakit yang bekerja sama dengan PMI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya