SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Stok darah PMI di Trenggalek diyakini cukup selama Ramadan.

Madiunpos.com, TRENGGALEK – Stok darah yang ada di Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Trenggalek dijamin mencukupi untuk memenuhi permintaan selama Ramadan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Petugas Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Trenggalek Liana Kurniawati di Trenggalek, Rabu (15/6/2016), mengatakan persediaan darah masih ada 381 kantong. “Jumlah itu cukup selama Ramadan jika permintaan normal,” kata dia.

Liana merinci dari total 381 kantong darah yang masih tersimpan di almari pendingin bersuhu 0 derajat Celcius, 124 kantong merupakan darah golongan A, 108 kantong darah golongan B, dan 149 kantong darah golongan O.

Namun, menurut Liana, persediaan darah golongan AB dan rhesus negatif nihil karena kedua jenis darah tersebut sulit diperoleh.

“Permintaan golongan darah AB dan rhesus biasanya tidak banyak sehingga tidak tidak terlalu mengkhawatirkan,” kata dia.

Selama ini, kata Liana, permintaan darah dari masyarakat rata-rata sebanyak 20 kantong per hari.

Secara kuantitas ia meyakini stok darah yang ada saat ini sudah mencukupi meski ada kekurangan persediaan untuk jenis darah golongan AB dan rhesus negatif.

“Pasien atau pemohon yang membutuhkan darah golongan AB atau rhesus negatif biasanya kami sarankan untuk merekomendasikan anggota keluarganya yang memiliki golongan darah sama untuk melakukan donor darah ke PMI,” ujar dia.

Liana menguraikan PMI Trenggalek tetap aktif melakukan penggalangan donor darah di berbagai lembaga-instansi, termasuk ke ormas ataupun secara keliling pada malam hari selepas Salat Tarawih.

“Seperti kemarin kami lakukan kegiatan pendonoran darah bekerja sama dengan pemkab di Pendopo Kabupaten Trenggalek memperingati Hari PMI Internasional,” ujar dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya