SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi. (Reza Fitriyanto/JIBI/Solopos)

Stok darah PMI Sleman kosong untuk golongan AB

Harianjogja.com, SLEMAN-Palang Merah Indonesia (PMI) Sleman mengalami kekurangan stok untuk golongan darah AB.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Koordinator Teknis Transfusi Darah PMI Sleman Sutiman menyampaikan hingga Jumat (24/7/2015) sore, stok darah AB masih kosong. Golongan darah A juga hanya ada dua kantong. Sementara B ada 35 kantong dan terbanyak adalah O yang mencapai 68 kantong.  “Kalau AB memang tidak banyak yang cari dan tidak banyak pendonornya,” kata dia Jumat.

Meski begitu, jika ada pasien yang membutuhkan darah AB, PMI Sleman siap mendatangkan langsung relawan pendonor meski jumlahnya tidak banyak. “Dari 100 pendonor paling yang AB hanya empat orang,” imbuhnya. Sementara PMI Sleman sendiri memiliki sekitar 300 sukarelawan pendonor yang telah terdaftar.

Tujuh hari paskalebaran, stok darah di PMI Sleman semakin menipis. Penyebabnya, stok mulai kadaluwarsa. Dari pantauan Harian Jogja selama dua hari, Kamis (23/7/2015) hingga Jumat, ada puluhan kantong yang positif kadaluwarsa.

Data stok darah pada hari Kamis menyebutkan, golongan darah A masih 44 kantong, B 67 kantong, sementara O 92 kantong. Setelah pada hari Jumat dilakukan pengecekan kadaluwarsa, golongan darah A tinggal dua kantong, B 35, dan O 68. Sedangkan golongan darah AB terus mengalami kekosongan.

Selama puasa kemarin pihak PMI memang belum melakukan donor massal. Rencananya baru akan dimulai pada Minggu (26/7/2015) ini di Gereja Somohetan Turi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya