STOK DARAH PEKALONGAN : Tinggal 181 Kantong, Stok Hanya Cukup untuk Sepekan

STOK DARAH PEKALONGAN : Tinggal 181 Kantong, Stok Hanya Cukup untuk Sepekan

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Stok Darah (Dok/JIBI/Solopos)

Ilustrasi Stok Darah (Dok/JIBI/Solopos)

Stok darah Pekalongan kian menipis. PMI Pekalongan menyebutkan stok saat ini tinggal 181 kantung dan hanya cukup untuk persediaan sekitar sepekan ke depan.

 

Solopos.com, PEKALONGAN- Persediaan darah di Palang Merah Indonesia Kota Pekalongan, Jawa Tengah, diperkirakan hanya mampu mencukupi kebutuhan masyarakat hingga sepekan atau enam hari ke depan.

Direktur Unit Donor Darah PMI Kota Pekalongan, Ani Sri Rahayu di Pekalongan, mengatakan bahwa saat ini persediaan darah sebanyak 181 kantong sehingga diperkirakan hanya mampu mencukupi kebutuhan masyarakat selama sepakan saja.

Sebanyak 181 kantong darah tersebut, kata dia, terdiri atas darah golongan A sebanyak 50 kantong, golongan B (48 kantong), dan golongan AB (15 kantong).

"Adapun darah golongan O nihil karena sebagian besar pendonor bergolongan A dan B," katanya seperti dikutip Antara, Selasa (26/5/2015).

Ia mengatakan meski persediaan darah relatif sedikit tetapi PMI optimistis tidak akan terjadi kelangkaan darah bagi masyarakat yang akan membutuhkan darah.

"Masyarakat tidak perlu khawatir yang akan membutuhkan darah karena kami akan terus melakukan antisipasi kelangkaan darah," katanya.

Ia mengatakan untuk mengantisipasi penurunan stok darah, PMI akan melakukan berbagai upaya, seperti menggiatkan jadwal donor darah rutin setiap hari.

Selain itu, kata dia, PMI juga akan mengadakan kegiatan donor darah massal dengan target 250-300 kantong darah.

Berita Terkait

Berita Terkini

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.

Mas Abby Eks Napi Teroris Yang Kini Mahir Meracik Siomay, Jualan di Sukoharjo

Kristianto alias Mas Abby mantan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Malang kini berjualan siomay di sekitar kediamannya di wilayah Sukoharjo.

Lalu Lintas Wonogiri Ramai, Mayoritas Keluar Kota

Lalu lintas di jalan raya Wonogiri pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021) terpantau masih ramai, tetapi lancar. Kebanyakan kendaraan keluar dari Wonogiri.

649 Kendaraan Berpelat Nomor Luar Daerah Terpaksa Putar Balik di Prambanan

Sebanyak 649 kendaraan roda empat berpelat luar daerah harus putar balik selama berlangsung penyekatan pemudik arus balik di Prambanan, Klaten.

Wisatawan Luar Jateng yang Mencoba Masuk Lewat Karanganyar Terus Bertambah

Wisatawan dari luar Jawa Tengah yang mencoba masuk ke Karanganyar, Jateng semakin banyak pada H+2 Lebaran atau Sabtu (15/5/2021).

Overload! Perahu Wisata yang Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali Maksimal Angkut 12 Penumpang

Perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021) kelebihan muatan karena maksimal mengangkut 12 penumpang.

Penting! Lakukan Ini Jika Alami Musibah Kapal Tenggelam

Ada sejumlah hal dilakukan saat alami musibah kapal tenggelam.

Transpuan Hollywood Ini Pernah Sambangi Magelang

Sosok yang pernah menjadi ayah tiri dari selebriti penuh sensasi, Kim Kadarshian, ini pernah menyambangi Magelang.

Liburan Cari Ikan, Bakul Bakso Tewas Kena Alat Setrum Punya Sendiri

Pedagang bakso di Grobogan, Jawa Tengah tewas setelah tersengat listrik dari alat setrum ikan milik sendiri saat mencari ikan.

Tolong Temannya yang Tercebur di Sungai, Pemuda Sukoharjo Tenggelam dan Meninggal Dunia

Seorang pemuda bernama Adam Susanto, warga Desa Triyagan, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo tenggelam di sungai di Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban.

Tambah 3 Lagi, 6 Jasad Korban Perahu Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali Ketemu

Sebanyak enam dari sembilan korban perahu terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali ditemukan dan telah dievakuasi ke RSUD Waras Wiris.

19 Pengendara Sepeda Motor Terjaring Razia Masker

Sebanyak 19 pengguna jalan terjaring razia masker saat melintas dengan sepeda motor di depan Kantor Kecamatan Bulu, Sukoharjo, Sabtu (15/5/2021).