SOLOPOS.COM - Warga melintas di posko Lebaran PMI Cabang Solo di Jl. Kolonel Sutarto, Jumat (23/6/2017). (Muhammad Ismail/JIBI/Solopos)

PMI Solo membuka tiga posko Lebaran.

Solopos.com, SOLO — Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Solo memastikan stok darah selama Lebaran aman. Sementara itu, untuk membantu pemudik yang membutuhkan darah PMI mendirikan tiga posko Lebaran.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Anggota staf Humas PMI Cabang Solo Yuwan Agus Marwiyanto mengatakan stok darah di PMI sampai Jumat (23/6/2017) sebanyak 417 kantong darah. Perinciannya yakni golongan A sebanyak 48 kantong, golongan B sebanyak 218 kantong, golongan O sebanyak 109 kantong, dan golongan AB kantong.

“Kami sempat mengalami kekurangan darah golongan A pada awal Ramadan akibat minimnya penyumbang darah,” ujar Yuwan kepada  di ruang kerjanya, Jumat (23/6/2017).

Menurut Yuwan, stok darah golongan A mulai kembali normal pada akhir Juni setelah banyak warga Solo mau menyumbang darah. Sementara untuk darah golongan lain stoknya relatif stabil.

“Kami banyak menerima permintaan darah A pada awal Juni sehingga mengakibatkan stok darah minim,” kata dia.

Ia menjelaskan rata-rata permintaan darah di PMI sebanyak 190 kantong darah per hari. Permintaan darah berasal dari rumah sakit di Soloraya. Darah tersebut untuk menolong korban kecelakaan lalu lintas, ibu melahirkan, dan untuk kebutuhan operasi.

Ditanya mengenai persiapan Lebaran, Yuwan mengatakan PMI mendirikan tiga posko Lebaran yakni di depan kantor PMI Jebres, di Gladak, dan depan kantor Kodim 0735/Surakarta. Posko Lebaran tersebut mulai didirikan pada H-7 Lebaran sampai H+7 Lebaran.

“Kami menerjunkan sebanyak 108 orang untuk membantu pemudik. Mereka berjaga di posko secara bergantian selama 24 jam,” kata dia.

Ia menjelaskan sebanyak 48 orang tersebut terdiri dari dokter enam orang, perawat 30 orang, driver 12 orang, dan sukarelawan sebanyak 60 orang. Selain itu, juga menyediakan empat unit mobil ambulans, dan dua mobil jenazah.

Sekretaris PMI Solo, Sumartono Hadinoto, mengatakan PMI siap membantu pemudik yang membutuhkan darah. Warga bisa mengubungi nomor kantor PMI di 0271 646505 atau di 085103060505. Untuk stok darah juga bisa diakses di www.pmisolo.or.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya