Tutup Iklan

Stok Beras untuk Warga Soloraya Cukup Meski Kemarau Panjang

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Pasokan beras dipastikan aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Soloraya ketika terjadi kekeringan akibat kemarau panjang. Bulog Badan Urusan Logistik (Bulog) Subdivre III Surakarta mengungkapkan stok beras saat ini mencapai 36.700 ton.

Kepala Bulog Subdivre III Surakarta, Mika Ramba Kendenan, mengatakan stok beras sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah Soloraya hingga satu tahun ke depan.

“Sampai saat ini memang belum panen. Kami memperkirakan sekitar pekan kedua atau ketiga bulan ini baru panen, itu pun khususnya di Sragen karena sekarang ini musim kemarau. Namun demikian, masyarakat jangan khawatir, meski tidak panen raya, stok beras cukup,” ujarnya, saat ditemui wartawan di kantornya, Rabu (4/9/2019).

Mika memaparkan stok sebanyak 36.700 ton tersebut, 30.000 ton di antaranya merupakan beras medium, sementara sisanya adalah beras premium dan campuran. Ini termasuk cadangan beras pemerintah maupun beras komersial.

Di sisi lain meski kemarau, Bulog tetap menyerap beras dari para petani walaupun volumenya sedikit. Sebagai contoh, pihaknya menyerap beras sebanyak 100 ton pada Senin (2/9/2019), sedangkan pada Selasa (3/9/2019) terserap 65 ton. Dia mengakui Bulog juga pernah mencatatkan hasil serapan nihil pada kemarau ini.

Mika menjelaskan realisasi penyerapan beras mencapai 22.000 per Rabu kemarin. Angka ini baru terealisasi sebesar 29,3% dari target sepanjang 2019 ini, yakni 75.000 ton. Meskipun realisasi penyerapan masih rendah, ia memastikan ketersediaan beras Bulog di wilayah Soloraya dalam kondisi baik, ini sudah termasuk kuota cadangan beras pemerintah sebesar 100 ton/kabupaten atau kota.

“Kami memilih menyerap beras dari petani daripada gabah karena harganya mulai naik. Kalau kami memaksa mengambil gabah, harga jual beras tetap sama, tidak laku,” imbuhnya.

Mika menambahkan harga gabah mulai naik sejak Agustus lalu. Hal itu karena tidak adanya musim panen raya di musim kemarau. Pihaknya mencatat bulan lalu harga gabah Rp4.500–Rp4.700/kg untuk gabah kering panen. Kini harga makin naik hingga Rp5.200/kg.

Untuk diketahui, harga komoditas beras di Bulog yakni beras premium C4 Rp9.750/kg-Rp11.000/kg, mentik wangi polos Rp11.500/kg, beras solo premium Rp9.500/kg–Rp9.800/kg, dan beras medium Rp8.500/kg.

Pada bagian lain, salah satu pedagang beras asal Solo, Soleh, mengaku harga beras relatif stabil, yakni Rp11.000/kg–Rp12.000/kg.

“Stok beras kami juga aman. Sehari toko saya ini bisa menjual sekitar 3 karung ukuran masing-masing 25kg,”jelasnya. 

Berita Terkait

Berita Terkini

Terganjal Kartu Vaksin, 10 Bus Pariwisata Gagal Masuk Yogyakarta

Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta memutar balik sebanyak 10 bus pariwisata dari luar daerah karena tidak lolos uji coba pemeriksaan kartu vaksin.

Tampilan dan Fungsi Voice Note WhatsApp Bakal Berubah

Tampilan dan fungsi voice note WhatsApp bakal berubah, membuat pengguna bisa putar dulu baru kirim dan hindari salah kirim.

Terungkap! Pabrik Pil Koplo di Yogya Sudah Beroperasi Sejak 2018

Aparat polisi menggerebek dua pabrik pembuatan obat-obatan psikotropika atau pil koplo yang telah beroperasi sejak 2018 di wilayah Yogyakarta.

3 Gedung Pemkab Karanganyar Ini Anti Oglangan, Kok Bisa?

Pelayanan listrik premium ini dinilai sangat dibutuhkan karena kelancaran pelayanan digital tergantung suplai energi listrik.

Beda Gejala Sesak Napas Covid-19 dan Asma, Wajib Tahu!

Tips kesehatan kali ini membahas tentang perbedaan gejala sesak napas akibat Covid-19 dengan asma.

Aksi Tolak Pemecatan 56 Pegawai KPK, Mahasiswa dan Polisi Saling Dorong

Pegawai KPK gagal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Eky Taufik Dedikasikan Gol untuk Suporter Persis Solo

Persis Solo berhasil mengalahkan AHHA PS Pati dua gol tanpa balas dalam laga pembuka Liga 2 di Stadion Manahan pada Minggu (29/9/2021) malam.

Bukti Persahabatan Jennie Blackpink dan Jung Ho Yeon Bintang Squid Game

Namun sebetulnya bukti persahabatan Jennie Blackpink dan Jung Ho Yeon sangat banyak.

Outlet Galeri 24 Kini Sudah Ada Ratusan, Cek Daftarnya di Sini!

Di bawah ini terdapat daftar lengkap outlet tempat investasi emas, Galeri 24 yang telah mencapai 105 cabang.

Ampuhkah Masker Kain Adang Varian Delta? Begini Penjelasan Pakar

Standar utama masker medis adalah N95, namun masih banyak masyarakat memakai masker kain untuk adang penularan varian Delta.

2 Pabrik Pil Koplo di Yogya Digerebek, Produksi 2 Juta Pil Per Hari

Aparat kepolisian mengungkap kasus peredaran pil koplo di Yogyakarta, di mana terdapat dua pabrik yang memproduksi dengan kapasitas 2 juta pil per hari.

Sebelum Membakar, Pria Sragen Hantam Kaca Mobil Tetangga Pakai Cangkul

Rangkaian peristiwa sebelumnya, tersangka sakit hati karena pernah dipinjami kendaraan bermotor rusak sehingga hal itu dianggap tersangka sebagai penghinaan.

5 Pasar Tradisional di Sragen Terbakar dalam 10 Tahun, Ini Daftarnya!

Para pedagang dan pengelola pasar lainnya diimbau berhati-hati agar tidak terjadi musibah serupa. Empat kejadian kebakaran lainnya terjadi di tiga pasar dengan penyebabnya korsleting.

Peringati Hari Batik, Ibu-Ibu Kenalkan Penutup Kepala Berbagai Daerah

Merawat keberagaman budaya warisan leluhur khususnya penutup kepala

Nama Jennie Blackpink Muncul di Akhir Kredit Squid Game, Kok Bisa?

Meski tak ikut bermain, nama Jennie Blackpink muncul di kredit Squid Game.