SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kemampuan membaca pada anak ditentukan oleh banyak hal.Salah satunya adalah dorongan dari orang tua dan lingkungan.Terutama untuk memotivasi anak dan menstimulus kemampuan anak sejak dini. Kerjasama antara orang tua dan pendidik sangat dibutuhkan dan menentukan kesuksesan anak dalam belajar membaca.

Nira Mahesti, kepala Sekolah TK & Playgroup Kreatif Primagama Jogja cabang Kentungan  dalam Program Star Obesion menyatakan pada dasarnya setiap anak mempunyai potensi yang besar dalam belajar membaca atau berbahasa.Di sinilah peran orang tua dan lingkungan menjadi penting guna mendorong minat anak untuk belajar membaca.Dengan konsep bermain dan belajar yang menyenangkan,anak akan merasa nyaman dalam belajar membaca.Kondisi ini makin mendorong anak untuk lebih cepat membaca.Dengan adanya unsur kesenangan dan bermain pada akhirnya belajar membaca dan menulis bukanlah hal yang menakutkan dan menyeramkan, tapi merupakan hal yang menyenangkan bagi mereka.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurutnya,orang tua juga harus memberikan contoh pelafalan dan cara membaca yang benar dan jelas.Meskipun anak belum jelas pelafalannya,namun orang tua harus terus memberikan contoh yang benar,bukan malah menirukan ucapan yang salah.Orang tua juga bisa menggunakan metode belajar yang menyenangkan,yakni lewat flash card.

flash Card,merupakan sebuah terobosan dalam bidang pendidikan anak yang menggunakan sejumlah kartu sebagai alat bantu belajar. Metode Flash Card memungkinkan balita mampu untuk belajar membaca dengan cara mengingat gambar dan bentuk. Dalam hal ini perkembangan otak kanan anak yang terstimulasi sejak dini.flash card ada tingkatannya,dari level pengenalan hingga level belajar membaca kalimat.Flash card Bisa dipakai semenjak usia 6 bulan.

Di TK dan Playgrup Kreatif Primagama,setiap Selasa dan Kamis setiap peserta didik diberikan sesi pelajaran khusus membaca.Setiap anak mendapatkan metode pengajaran yang berbeda,disesuaikan dengan tingkat kemampuan anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya