Stikes Panti Kosala Buka Prodi Administrasi Rumah Sakit
Gedung Akper Panti Kosala di Solo Baru sebelum berubah menjadi Stikes Panti Kosala. (akperpantikosala.ac.id)

Solopos.com, SOLO — Mulai 2020, Akper Panti Kosala Solo berubah bentuk dari akademi menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes). Kampus yang berlokasi di kawasan Solo Baru, Sukoharjo ini juga membuka Program Studi (Prodi) baru, yakni (Sarjana/S1) Administrasi Rumah Sakit.

Pembina Yayasan Kesehatan Panti Kosala , dr Handoyo mengatakan perubahan bentuk lembaga dari akademi menjadi Stikes merupakan tuntutan masyarakat.

“Perubahan ini adalah tuntutan masyarakat. Dalam beberapa tahun terakhir sudah terasa bahwa beberapa institusi yang berbentuk akademi sudah bergeser ke Stikes. Ini menggambarkan bahwa ini memang sudah saatnya,” ujar Handoyo saat ditemui usai penyerahan SK perubahan institusi oleh Kemendikbud. Penyerahan dilakukan secara daring, di kampusnya, Rabu (16/9).

Wali Kota Solo Terbitkan SE Baru Terkait Protokol Kesehatan, Perhatikan 6 Poin Penting Ini!

Sementara itu, seiring perubahan bentuk lembaga tersebut, Stikes Panti Kosala menambah Prodi Baru, yakni Administrasi Rumah Sakit.

Sekretaris Medis Yayasan Kesehatan Panti Kosala, dr Wibowo menjelaskan latar belakang pembukaan Prodi baru. Yaitu, salah satunya terkait pentingnya penataan dokumen dalam pelayanan kesehatan di rumah sakit.

Penataan Dokumen

Sebab saat ini mutu pelayanan kesehatan salah satunya dinilai dari penataan dokumen tersebut.

Vakum Sembilan Tahun, MUI Wonogiri Dikukuhkan Kembali

“Perlu ada orang yang kompeten untuk menata arsip layanan. Selain itu, dengan berkembangnya jaminan pembiayaan kesehatan yang salah satunya adalah asuransi, kelengkapan dokumen dirasa sangat penting. ini yang membuat kami buka Prodi baru yang akan menghasilkan profesional di bidang tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Stikes Panti Kosala, Endang Dwi Ningsih mengatakan, lembaganya sudah memiliki fasilitas, sumber daya manusia (SDM) dan kurikulum yang siap mendukung Prodi Administrasi Rumah Sakit tersebut.

Tragis! Pedofil Ini Malah Tewas Ketabrak Kereta Api Sebelum Disidang

“Fasilitas di Yayasan Kesehatan Panti Kosala sangat memungkinkan untuk mengembangkan dan mendidik lulusan sarjanan adm rumah sakit yang sesuai dengan kebutuhan rumah sakit. Kami punya dua rumah sakit dan satu klinik, ini merupakan lahan praktik yang sangat memungkinkan meningkatkan kompetensi lulusan sarjana Administrasi Rumah Sakit nantinya,” ujar dia.

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom