SOLOPOS.COM - Sukarelawan berlatih menangani kejadian penyerangan bersenjata api di sebuah sekolah di Fountain Hills, Arizona, AS. Latihan itu dipandu oleh Steven Seagal, aktor film laga yang belakangan aktif menjadi sukarelawan keamanan dan deputi sheriff di sejumlah wilayah di AS. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Steven Seagal (kanan0 dan Sheriff Maricopa County, Joe Arpaio memberi keterangan kepada pers saat kegioatan pelatihan sukarelawan menangani insiden penyerangan bersenjata api di sekolah di Fountain Hills, Arizona, AS. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

FOUNTAIN HILLS – Tak cuma jago berakting di film-film aksi yang membuat namanya terkenal seperti Under Siege dan Above The Law, bintang film Steven Seagal kini aktif sebagai instruktur pelatihan pencegahan terjadinya insiden penembakan di sekolah yang sudah sejak lama menghantui AS.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seagal kini aktif sebagai salah satu sukarelawan keamanan yang bertugas di bawah komando Sheriff Maricopa County di Negara Bagian Arizona, AS, Joe Arpaio. Dalam perannya itu, Seagal yang juga pernah aktif sebagai deputi sheriff di Texas dan deputi cadangan di New Orleans mendapat tugas melatih para sukarelawan lain menjaga dan mencegah terjadinya penyerbuan oleh orang bersenjata di sekolah. Dalam latihan akhir pekan ini, Seagal mengawasi latihan yang dilakukan di sebuah sekolah di wilayah Fountain Hills, utara Phoenix. Sejumlah siswa sekolah juga dilibatkan untuk berperan sebagai siswa yang panik.

Sebanyak 48 sukarelawan ikut serta dalam latihan ini, di mana latihan dipusatkan pada kemampuan untuk bereaksi cepat terhadap aksi penyerbuan orang bersenjata di sekolah, pencarian dan pengamanan lokasi dari ruang ke ruang dan penangkapan pelaku. Seagal dengan cermat mengamati semua geriak-gerik peserta dan lantas memberikan kritik dan evaluasi. “Saya di sini untuk mengajarkan para sukarelawan ini kemampuan menggunakan senjata api dan bela diri untuk merespons lebih cepat dan membantu melindungi anak-anak kita,” ujar Seagal.

Sukarelawan berlatih menangani kejadian penyerangan bersenjata api di sebuah sekolah di Fountain Hills, Arizona, AS. Latihan itu dipandu oleh Steven Seagal, aktor film laga yang belakangan aktif menjadi sukarelawan keamanan dan deputi sheriff di sejumlah wilayah di AS. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Arpaio adalah sheriff yang selama ini cukup terkenal karena sikap tegasnya terhadap kejahatan dan imigran gelap. Dia punya pasukan sukarelawan sebanyak 3.450 orang yang tidak dibayar namun secara aktif membantunya menindak berbagai tindak kriminal kecil seperti pengemudi mabuk dan kejahatan jalanan. Sejak terjadinya aksi penembakan di sebuah SD di Connecticut Desember lalu, Arpaiao juga menerjunkan para sukarelawan tersebut, yang memiliki izin memiliki dan terlatih menggunakan senjata api untuk berpatroli di sekolah-sekolah.

Aksi penembakan di sekolah telah memarakkan kembali debat mengenai perlunya pengawasan yang jauh lebih ketat terhadap peredaran senjata api dan pelarangan perdagangan senjata serbu standar militer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya