SOLOPOS.COM - Kapten timnas Inggris Steven Gerrard menyatakan pensiun dari timnas. Ist/theliverpoolworld.com

Solopos.com, LONDON— Berakhir sudah kiprah Steven Gerrard dengan Timnas Inggris. Gelandang elegan Liverpool itu memutuskan mundur dari skuat berjuluk The Three Lions setelah pengabdian panjangnya selama 14 tahun terakhir.

Gerrard melakoni debutnya bersama timnas dalam pertandingan melawan Ukraina di Stadion Wembley, 2000 silam. Saat itu, tim Tiga Singa, sebutan lain Inggris, meraih kemenangan dua gol tanpa balas atas tamunya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Saya sangat menikmati setiap menit pertandingan timnas dan ini adalah hari yang menyedihkan di mana sesudahnya aku tidak akan bisa melakukannya lagi,” ujar Gerrard seperti dikutip Reuters dari laman resmi asoiasi sepak bola Inggris, Senin (21/7) malam WIB.

Gerrard mengungkapkan keputusan mundur dari timnas merupakan pilihan sulit. Namun gelandang 34 tahun itu menyebut apa yang dilakukannya menjadi tak terhindarkan demi menjaga performa terbaiknya dengan klub.

Dalam pernyataan perpisahannya, Gerrard tidak lupa menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh rekan satu timnya dan fans Timnas Inggris. “Pertama saya ingin berterima kasih terhadap keluarga dan teman-temanku atas dukungan mereka selama petualanganku dengan Timnas Inggris,” kata Gerrard.

“Saya juga ingin berterima kasih kepada semua orang yang telah menjadi bagian dalam karierku di ajang internasional, kepada manajer Inggris dan staf kepelatihan FA [asosiasi sepak bola Inggris] di mana aku bermain di bawah bimbingan mereka, dan tentu saja seluruh pemain yang aku merasa beruntung bisa berada di sisi mereka,” lanjutnya.

Gerrard menyandang ban kapten Inggris di ajang Piala Dunia 2014 Brasil. Sayangnya, saat itu tim Tiga Singa gagal total dengan langsung tersingkir di babak grup. Inggris bahkan harus pulang dengan aib memalukan setelah mereka terpuruk di dasar klasemen grup dengan hanya mendulang satu poin dari pertandingan.

Inggris menelan kekalahan dari Italia dan Uruguay serta hanya mampu bermain imbang melawan Kosta Rika. (Triyono/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya