SOLOPOS.COM - Penerapan new normal di Sunan Hotel Solo (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Setelah menjalani pembatasan sosial berskala besar (PSBB), kini beberapa kota besar di Indonesia mulai memasuki masa transisi menuju periode new normal. Pada era new normal ini beberapa kegiatan perlahan-lahan mulai kembali berjalan serta beberapa fasilitas umum juga mulai dibuka.

Tak sedikit pula yang kemudian berencana untuk melakukan staycation di dalam kota sebagai alternatif liburan di era new normal. Namun, amankah sebenarnya melakukan staycation saat new normal?

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Untukmu yang masih khawatir untuk merencanakan staycation atau menginap di hotel pada saat new normal, menginap hotel di dalam kota masih cukup aman untuk dilakukan pada saat new normal dengan mengikuti panduan dan protokol kesehatan dan kebersihan yang berlaku. Berikut tips dan panduan staycation di era new normal yang perlu kamu ketahui!

1. Patuhi prosedur yang diterapkan di Hotel

Guna meningkatkan standar keamanan dan kebersihan bagi para tamu hotel yang menginap di era new normal, staf hotel akan menerapkan prosedur-prosedur baru seperti melakukan pengecekan suhu tubuh pada saat memasuki area hotel serta meminta informasi mengenai riwayat perjalanan dan sejenisnya pada saat check-in.

Jennifer Aniston Lelang Foto Tanpa Busana untuk Korban Covid-19

Agar bisa ikut menjaga kesehatan dan keamananmu selama melakukan staycation, pastikan kamu selalu mengikuti petunjuk serta prosedur yang diminta oleh petugas hotel.

2. Social distancing & gunakan masker

Tips staycation pada saat new normal selanjutnya adalah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti social distancing serta menggunakan masker selama berada di dalam lingkungan hotel.

3. Jaga kebersihan diri

Kunci utama untuk menjaga kesehatan adalah dengan menjaga kebersihan diri sendiri. Untuk itu tetaplah jaga kebersihan tubuhmu dengan mandi secara rutin, selalu segera mencuci pakaian kotor yang telah dipakai, serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir segera setelah melakukan kontak dengan orang lain atau pun menyentuh permukaan yang berada di tempat publik.

Dijuluki Babi Cantik di Malaysia, Member Girlband K-Pop Ini Tak Terima

Di setiap sudut hotel dan fasilitas yang terdapat di hotel juga akan disediakan hand sanitizer yang bisa kamu gunakan sebelum dan setelah menggunakan fasilitas tersebut.

Namun, untuk perlindungan tambahan, tak ada salahnya untuk selalu siap sedia hand sanitizer di saku ataupun tas.

4. Hindari kerumunan & berkumpul

Sebagai bentuk social distancing, pada era new normal ini hindari terlebih dahulu untuk menginap di beramai-ramai di dalam satu kamar. Hindari juga menerima tamu dalam jumlah yang banyak di dalam kamar hotel.

Sebisa mungkin hindari beraktivitas di fasilitas-fasilitas umum yang terdapat di hotel seperti restoran, kolam renang, dan sejenisnya.

Untuk kamu yang membutuhkan makanan atau minuman, mintalah petugas restoran untuk mengantarkannya langsung ke kamarmu dan gunakanlah alat-alat makan sekali pakai yang bisa langsung dibuang setelah digunakan.

5. Ikut menjaga kebersihan hotel

Tak hanya kebersihan diri, kebersihan lingkungan juga sangatlah penting untuk mencegah persebaran penyakit. Untuk itu, kamu juga disarankan untuk berperan aktif dalam menjaga kebersihan hotel selama melakukan staycation di era new normal ini dengan tidak membuang sampah sembarangan dan secara rutin membersihkan kamar dan toilet pribadi.

Jika kamu membutuhkan desinfektan, mintalah petugas hotel untuk menyediakannya sehingga kamu bisa lebih sering membersihkan kamarmu.

Meski Kurang Dikenal, Teh Putih Punya Segudang Khasiat

Saat berada di ruang publik dan bersentuhan dengan benda-benda yang sering disentuh oleh orang lain seperti tombol lift atau pun gagang pintu, tak ada salahnya bersihkan terlebih dahulu permukaannya sebelum dan sesudah kamu sentuh.

Selain mengikuti panduan di atas, hotel-hotel kini juga telah menerapkan standar serta protokol operasional kebersihan dan kesehatan hotel yang lebih ketat guna meningkatkan keamananmu selama menginap di era new normal ini.

Termasuk dengan melakukan disenfeksi ruangan-ruangan serta memastikan setiap staf yang melayani untuk terus menjalani prosedur dan standar kebersihan yang lebih ketat.

Jadi, tak perlu lagi ragu untuk rencanakan staycation pada saat periode new normal asalkan kamu juga turut berperan aktif dalam menjalankan protokol kesehatan yang dianjurkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya