SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta (Solopos.com)–Status awas (level IV) disematkan pada Gunung Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara, sejak 10 Juli lalu. Dengan turunnya aktivitas gunung ini, status awas diturunkan menjadi siaga (level III). Meskipun status turun, namun daerah bahaya tetap 3 km dari kawah.

“Terhitung tanggal 24 Juli 2011, pukul 22.00 Wita, PVMBG menyatakan status aktivitas Gunung Lokon diturunkan dari AWAS (level IV) ke SIAGA (level III). Meskipun status turun, masih diberlakukan radius aman di luar 3 km,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) DR Sutopo Purwo Nugroho dalam pesan singkatnya, Senin (25/7/2011).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hingga semalam, pengungsi Gunung Lokon yang masih bertahan di pengungsian ada 203 orang atau 55 KK. Para pengungsi tersebut tinggal di pos Taman Kota Tomohon.

“Pengungsi tersebut memiliki rumah di daerah kurang dari radius 3 km. Sebanyak 5.090 jiwa telah kembali ke rumah masing-masing,” imbuh Sutopo.

5.090 Orang pengungsi itu sebelumnya berada di 23 titik. Mereka kembali ke rumah masing-masing sejak 24 Juli siang kemarin.

(detik.com/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya