SOLOPOS.COM - Ilustrasi depan kampus UNS Solo (uns.ac.id)

Solopos.com, SOLO—Kuota penerimaan mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo 2021 jalur Seleksi Mandiri (SM) naik sebanyak 50 persen.

Kuota pada dua jalur lain yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) juga mengalami perubahan.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Koordinator Bidang Sarjana UPT SPMB UNS, Widiyanto dalam acara virtual Wedangan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS, Rabu (10/2/2021) pekan lalu mengatakan, perubahan kuota tersebut seiring perubahan status UNS dari Badan Layanan Umum (BLU) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH).

Baca Juga: Anak Harus Tahu Protokol Kesehatan 5M, Orang Tua Perlu Lakukan Ini

“Perubahan status PTN BH ini juga membuat kuota berubah. Jika dulu kuota Seleksi Mandiri hanya 30 persen, sekarang menjadi 50 persen,” ujar Widiyanto dalam siaran pers UNS.

Seleksi Mandiri menerapkan beberapa jalur yang dapat ditempuh pendaftar. “Seleksi Mandiri UNS ada bermacam-macam jalur seperti jalur prestasi, jalur kerja sama, jalur UTBK [Ujian Tertulis Berbasis Komputer], bahkan ada juga jalur hafiz quran,” imbuh Widiyanto.

Informasi terkait Seleksi Mandiri UNS dapat dilihat di laman spmb.uns.ac.id.

Baca Juga: Ini Kata Pakar Feng Shui Soal Peluang Bisnis Kuliner Di Tahun 2021

Aturan Seleksi Secara Umum Tetap Sama

Sementara itu, pada jalur SNMPTN dan SBMPTN yang pelaksanaannya diatur oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) kuota penerimaan mahasiswa baru UNS juga berubah.

Pada 2021 UNS akan menerima mahasiswa baru minimal 20 persen dari jalur SNMPTN dan jalur SBMPTN mendapat jatah minimal 30 persen. Aturan mengenai SNMPTN dan SBMPTN dapat dilihat pada laman LTMPT.

Secara umum, aturan jalur seleksi tersebut sama dengan tahun lalu. Namun untuk SBMPTN terdapat sedikit perbedaan yakni adanya Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang dibagi menjadi TKA Saintek dan TKA Soshum pada UTBK. Tahun lalu UTBK hanya terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS). Dengan demikian, para peserta UTBK 2021 harus menjalani dua tes yakni TPS dan TKA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya