SOLOPOS.COM - AKTIVITAS GUNUNG SINABUNG

Harianjogja.com, JOGJA- Status Gunung Sinabung di Kabupaten Karo Sumatra Utara diturunkan menjadi Siaga, menyusul penurunan intensitas erupsi dan aktivitas vulkanik.

Hal itu diungkapkan Kepala Pusat Badan Geologi, Surono dalam pesan singkat kepada Harianjogja.com, Rabu (9/4/2014) pagi.

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

“Sehubungan dengan telah terjadi penurunan intensitas erupsi dan aktivitas vulkanik, maka status Gunung Sinabung diturunkan dari Awas ke Siaga terhitung 8 April 2014, pukul 17:00 WIB,” demikian Surono menjelaskan.

Ekspedisi Mudik 2024

Dari penurunan status menjadi siaga, pihaknya merekomendasikan warga di delapan desa dan satu dusun dapat dipulangkan. Delapan desa tersebut meliputi Desa Mardinding, Perbaji, Selandi, Sukanalu, Sigarang-garang, Kutarakyat, Kutatengah dan Kutagugung serta satu dusun yakni Lau Kawar.

Adapun warga yang harus tetap di pengungsian karena pemukiman mereka berada di depan bukaan kawah sehingga terancam awan panas, terdiri dari tujuh desa dan satu dusun.

Ketujuh desa meliputi Desa Sulkameriah, Bekerah, Simacem, Gurukinayan, Kutatonggal, Berastepu, Gamber dan satu Dusun Sibintun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya