Kategori: Solo

Stasiun Klaten dan Purwosari Solo Kini Layani Tes Cepat Antigen


Solopos.com/Farida Trisnaningtyas

Solopos.com, SOLO — PT Kereta Api Indonesia bekerja sama dengan PT Rajawali Nusindo dan PT Jasaprima Putera menambah layanan tes cepat antigen di dua stasiun, yakni Stasiun Purwosari Solo dan Stasiun Klaten.

Di wilayah KAI Daops VI Yogyakarta, fasilitas tes cepat antigen ini sudah dilaksanakan di Stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, dan Solo Balapan. Layanan ini tersedia bagi penumpang KA jarak jauh dengan harga Rp105.000.

"PT KAI bekerja sama dengan penyedia jasa kesehatan, menyediakan fasilitas pelayanan tes cepat antigen dengan harga Rp105.000 di Stasiun Klaten dan Stasiun Purwosari, mulai 12 Januari 2021," Manajer Humas PT KAI Daops VI Yogyakarta, Supriyanto, kepada wartawan, Rabu (13/1/2021).

Sempat Jadi Calon Menkes, Ini Profil Ribka Tjiptaning Anggota DPR yang Tolak Divaksin

Sebelumnya, fasilitas pemeriksaan tes cepat antigen tersebut sudah dilaksanakan di stasiun lainnya, yakni Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Kiaracondong, Cirebon, Cirebon Prujakan, Semarang Tawang, Tegal Yogyakarta, Lempuyangan, Solobalapan, Madiun, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Malang, Purwokerto, Kroya, Kebumen dan Kutoarjo, serta stasiun lainnya.

Memiliki Kode Booking

Pelanggan KA dapat memanfaatkan fasilitas ini dengan persyaratan sudah memiliki kode booking tiket KA jarak jauh. Selain itu, pelaksanaan tes di halaman stasiun dengan jadwal di Stasiun Purwosari dan Stasiun Klaten pada pukul 07.00 WIB - 17.00 WIB.

"Layanan ini kami sediakan untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan yang akan menggunakan kereta api. Kami berharap pelanggan kereta api dapat memanfaatkan fasilitas ini. KAI mengimbau calon penumpang KA, untuk melaksanakan tes sehari sebelum jadwal keberangkatan KA karena keterbatasan jam pelayanan," papar Supriyanto.

Sungai Mungkung Meluap, 2 Dukuh di Sragen Tergenang 5 Jam

Sementara itu, pihaknya terus mengingatkan jika KAI tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam perjalanan KA, seperti mensyaratkan surat keterangan bebas Covid-19, wajib memakai masker, suhu tidak melebihi 37,3 derajat celsius, dalam kondisi sehat [tidak demam, batuk, flu, diare dan sesak napas], tidak berbicara ataupun makan selama perjalanan, serta mengimbau pelanggan untuk memakai pakaian lengan panjang.

Pelanggan KA jarak jauh juga diharuskan mengenakan face shield selama dalam perjalanan hingga meninggalkan stasiun tujuan.

"Penyediaan layanan tes cepat di beberapa stasiun ini, merupakan bentuk peningkatan pelayanan KAI dalam rangka menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada moda transportasi kereta api. PT KAI tetap mengutamakan keselamatan perjalanan KA beserta penumpang dan barang yang diangkutnya. Pelanggan KA diharapkan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang sudah ditetapkan pemerintah," jelas dia.

Terdengar Bunyi Ledakan, 2 Kios di Gemolong Sragen Terbakar

Share
Dipublikasikan oleh
Rohmah Ermawati