SOLOPOS.COM - Situasi Stasiun Besar Bojonegoro. (bojonegorokab.go.id)

Stasiun Bojonegoro, Stasiun Tobo, dan Stasiun Kalitidu yang selama ini dikelola PT KAI Daops IV Semarang bakal diambil alih Daops VIII Surabaya.

Semarangpos.com, SEMARANG — Tiga stasiun kereta api yang selama ini dikelola PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) IV Semarang akan dialih kelola oleh KAI Daops VIII Surabaya. “Ada perubahan batas wilayah kelola KAI Daops IV Semarang, Daops VIII Surabaya, dan Daops VII Madiun,” ungkap Kepala Humas PT KAI Daops IV Semarang Gatut Sutiyatmoko di Semarang, Kamis (28/7/2016) malam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Perubahan batas wilayah ketiga daops tersebut, kata dia, berpengaruh terhadap stasiun-stasiun yang terletak di perbatasan, seperti Stasiun Bojonegoro, Stasiun Tobo, dan Stasiun Kalitidu. Mulai 1 Agustus 2016, kata dia, ketiga stasiun itu akan masuk di wilayah Daops VIII Surabaya sehingga jumlah stasiun di wilayah Daops IV Semarang sekarang tinggal 44.

“Semula kami kan membawahi 46 stasiun aktif dan Stasiun Ambarawa. Jadi, dengan adanya perubahan batas wilayah daops ini tinggal 43 stasiun aktif, ditambah Stasiun Ambarawa,” katanya.

Menurut dia, kebijakan perubahan batas wilayah ketiga daops itu dimaksudkan untuk memudahkan dan mengefektifkan dalam koordinasi kewilayahan antara KAI dan pemerintah daerah setempat. “Ini kebijakan dari kantor pusat. Intinya untuk lebih mengefektifkan dan memudahkan koordinasi kewilayahan sehingga bisa memaksimalkan peningkatan potensi pengelolaan transportasi KA,” katanya.

Gatut menjelaskan kebijakan mengenai perubahan batas wilayah kerja ketiga daops PT KAI itu efektif berlaku pada 1 Agustus mendatang, tetapi masih diberikan masa transisi sampai 4 Agustus 2016. Dengan perubahan batas wilayah daops itu, kata dia, perlu dilakukan penyesuaian administrasi dan kepegawaian sehingga saat ini tengah dilakukan inventarisasi, baik administrasi maupun kepegawaian.

“Ya, nanti pegawai PT KAI Daops IV Semarang yang bertugas di tiga stasiun itu juga berpindah administrasi ke Daops VIII Surabaya. Makanya, saat ini kami masih melakukan inventarisasi,” katanya. Selain tiga stasiun itu, kata dia, Stasiun Blitar, Stasiun Talun, dan Stasiun Garum yang sebelumnya masuk wilayah Daops VIII Surabaya juga akan berpindah ke wilayah kerja KAI Daops VII Madiun.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya