SOLOPOS.COM - Penumpang turun dari KA Prameks di Stasiun Solo Balapan, Senin (26/6/2017) pagi. (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

Kereta dari Solo jurusan Jogja ramai penumpang.

Solopos.com, SOLO — Stasiun Solo Balapan diserbu para pemudik maupun masyarakat yang ingin berlibur ke arah Jogja saat hari kedua libur Lebaran atau H+1 Lebaran 2017, Senin (26/6/2017).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pantauan , Senin pukul 09.04 WIB, ratusan orang yang tengah berada di peron tunggu Stasiun Solo Balapan berlarian ke arah peron 2 seketika mengetahui kereta api (KA) Prambanan Ekspres (Prameks) dari arah Kutoarjo bakal tiba.

Mereka berlomba-lomba sampai di Peron 2 agar bisa meraih tempat duduk saat masuk KA Prameks tujuan Kutoarjo atau Jogja. Saat berlarian, mereka diarahkan petugas menempati peron 2 sisi utara karena sisi selatan dipakai untuk turun penumpang.

Ekspedisi Mudik 2024

Kepala Stasiun (KS) Solo Balapan, Nuruddin, membeberkan pada hari kedua Lebaran ini okupansi KA jarak dekat meningkat atau lebih banyak dari hari-hari sebelumnya saat arus mudik Lebaran.

Penumpang berdesak-desakan di dalam Kereta Api (KA) Prambanan Ekspres (Prameks) di Stasiun Solo Balapan, Solo, Senin (26/6/2017). (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Penumpang berdesak-desakan di dalam Kereta Api (KA) Prambanan Ekspres (Prameks) di Stasiun Solo Balapan, Solo, Senin (26/6/2017). (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Dia menilai banyak pemudik atau masyarakat di Solo yang ingin memanfaatkan hari libur Lebaran untuk berwisata menuju ke arah Jogja. Bahkan tiket booking penumpang KA Prameks untuk perjalanan pada Senin ini telah habis terjual.

“Hari ini memang terlihat untuk perjalanan KA jarak dekat okupansinya meningkat dari hari-hari sebelumnya saat arus mudik Lebaran dan hari raya. KA Prameks ke Jogja bahkan sudah full booking,” kata Nuruddin saat berbincang dengan  di sela-sela mengatur perjalanan penumpang di Stasiun Solo Balapan, Senin.

Nuruddin menyampaikan masyarakat yang akan melakukan perjalanan ke arah Jogja menggunakan KA Prameks khusus pada Senin ini harus membeli tiket langsung di Stasiun Solo Balapan atau dengan sistem go show.

Dia menyebut PT KAI telah menyiapkan KA tambahan untuk perjalanan Solo-Jogja, yakni KA Sidomukti dengan okupansi 525 penumpang. Namun, harga tiket KA Sidomukti lebih mahal ketimbang Prameks.

“Yang di depan itu, mereka tengah antre untuk keberangkatan KA Prameks jadwal dua keberangkatan selanjutnya. Jadi sepertinya, keramaian ini korelasinya dengan aktivitas liburan pemudik sebelum melakukan perjalanan kembali ke perantauan. Hari ini kami sudah menjalankan KA tambahan Sidomukti ke Jogja. Kami berangkatkan ke Jogja. Kami jual go show tarifnya Rp20.000. Sedangkan harga Prameks sama, ke Jogja penumpang dikenakan Rp12.000,” jelas Nuruddin.

Seorang calon penumpang KA Prameks arah Jogja/Kutoarjo, Muhammad Adi Gunawan, 43, mengaku ingin pergi ke Jogja untuk liburan.

Warga Kelurahan Sondakan, Laweyan, Solo, yang kini tinggal di Jakata Pusat tersebut tidak ingin waktu mudiknya hanya digunakan untuk melakukan aktivitas di dalam rumah. Dia pergi ke Jogja karena ingin berwisata ke pantai di Gunung Kidul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya