SOLOPOS.COM - ilustrasi (experiencescottsdale.com)

ilustrasi (experiencescottsdale.com)

JOGJA—Asteroid raksasa akan melintas dan terlihat dari berbagai belahan Bumi dalam beberapa hari ke depan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Asteroid bernama 4179 Toutatis itu berukuran lebar lima kilometers dan akan mendekat ke Bumi dengan jarak terdekat tujuh juta kilometer. Meski cukup jauh, para peneliti mengatakan asteroid tersebut masih dapat dilihat menggunakan teleskop.

Bagi Anda yang tidak memiliki teleskop dan perlengkapan lain, berikut beberapa website yang menyiarkan langsung pergerakan asteroid tersebut:

http://www.slooh.com
Website ini menampilkan pengamatan dari Canary Island Afrika mulai 11 Desember tepatnya 15.00 EST (2000 GMT). Menurut keterangan resminya, pengunjung dapat menikmati sejumlah posisi gambar yang berbeda untuk memantau Toutatis.

http://www.virtualtelescope.eu/webtv/
Website Virtual Telescope Project yang dikendalikan oleh Gianluca Masi of Bellatrix Astronomical Observatory Italia mulai menyiarkan secara langsung pada 13 Desember 15.00 EST (2000 GMT). Berbagai keterangan pendukung dari ahli astronomi akan memudahkan pengguna memahami kondisi yang sedang terjadi.

Asteroid Toutatis kali pertama terlihat pada 1934 namun baru dipelajari pada 1989. Asteroid ini mengelilingi Matahari sekali setiap empat tahun.(space.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya