SOLOPOS.COM - Staf medis di bandara Pudong Internasional. (Reuters)

Solopos.com SHANGHAI — Bandara Shanghai, China, mengalami kekacauan setelah seorang staf dinyatakan positif Covid-19. Lebih dari 17.719 penumpang di Bandara Pundong Internasional ditahan setelah kabar tersebut. Video yang beredar di media sosial menunjukkan ketegangan yang meningkat antara tenaga medis dan para penumpang.

Kehabisan Miras Saat Pesta, 7 Orang Meninggal Setelah Tenggak Hand Sanitizer

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam video yang beredar staf berpakaian hazmat terekam menggiring kerumunan besar ke area basement di Bandara Internasional Pudong Shanghai. Di tengah kekhawatiran akan wajibnya karantina selama 14 hari, ribuan orang tersebut melakukan upaya massal untuk mendapatkan kebebasan.

Di video lain menunjukkan ribuan orang mencoba melarikan diri melalui tanjakan, ketika staf medis berusaha menahan mereka. Para pekerja dengan APD lengkap tersebut mengantar staf bandara ke tempat parkir mobil bertingkat, untuk melakukan tes.

Dilansir South China Morning Post, Selasa (24/11/2020), Pada Senin (24/11/2020) Zhou Junlong, Wakil Presiden Otoritas Bandara Shanghai mengatakan bahwa 17.719 penumpang dari bagian penanganan kargo Bandara Internasional Pudong Shanghai, dites untuk virus Covid-19.

Rekam dan Simpan Konten Porno Anak, Guru Sekolah Ditangkap Polisi

Kekacauan Akibat Covid-19 di Bandara

Sementara itu siang harinya, 11.544 orang dinyataakan negatif, dengan analisis sampel yang tersisa sedang dilakukann. “Selanjutnya, kami akan melakukan uji asam nukleat pada pekerja kargo garis depan yang berisiko tinggi,” kata Zhou.

Sementara itu, kami akan meningkatkan desinfeksi barang impor serta peralatan penanganan kargo dan area kerja. Zhou menambahkan para penumpang yang berisiko tinggi akan diinokulasi dengan kandidat vaksin corona dengan persetujuan mereka.

Meskipun tidak ada satupun vaksin virus corona yang dikembangkan di China telah disetujui untuk penggunaan umum, China sendiri telah menginokulasi hampir 1 juta orang di bawah pengaturan otorisasi darurat.

Begini Alasan Logis Deddy Corbuzier Ogah Bakar Produk Prancis

Shanghai diketahui telah melaporkan enam infeksi lokal terkait dengan bandara bulan ini. Sebagian besar kasus terjadi dalam beberapa hari terakhir. Salah satu nya adalah seorang karyawan laki-laki di pusat transit internasional di bandara Pudong. Dia diyakini telah mengifeksi istri dan tiga rekannya.

Awal bulan ini, seorang laki-laki yang diidentifikasi dengan marga Wang, yang bekerja di area penanganan kargo bandara Pudong, dinyatakan postif Covid-19. Setelah ditelusuri lebih lanjut, diketahui bahwa ia terkait dengan salah satu rekannya yang juga dinyatakan postif Covid-19.

Wakil direktur pusat pengendalian dan pencegahan penyakit Shanghai mengatakan, bahwa kedua pria itu diyakini telah tertular virus bulan lalu. Mereka tertular saat membersihkan kontainer barang dari Amerika Utara tanpa menggunakan masker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya