SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Renovasi Stadion Manahan Solo yang menelan anggaran Rp301 miliar sudah hampir kelar. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan stadion tersebut pada 9 September mendatang.

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, mengaku sedang menyiapkan kejutan pada hari peresmian nanti dengan menampilkan pertunjukan dagelan sepak bola.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kalau jadi diresmikan Presiden, nanti saya siapkan dagelan sepak bola. Bukan sepak bola dagelan ya, jangan terbalik. Jadi nanti nanggap balbalan [pertandingan sepak bola],” kata dia saat berbincang dengan wartawan, Rabu (21/8/2019).

Rudy, sapaan akrab Wali Kota, mengaku sudah berkomunikasi dengan PT Adhi Karya (Persero) selaku pelaksana proyek terkait itu. Tapi Rudy menolak mengungkap detailnya. “Enggak mau ngomong dulu. Rahasia. Nanti tanggal 9 September, lihat saja,” imbuh dia.

Persiapan peresmian itu dilakukan selama dua pekan ini. Kepala Pusat Pengembangan Sarana Prasarana Pendidikan Olahraga dan Pasar Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Iwan Supriyanto, mengatakan saat ini tinggal memastikan kedatangan Presiden Jokowi untuk meresmikan Stadion Manahan.

Undangan peresmian yang bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas) itu sudah dilayangkan. “Tinggal konfirmasi Bapak Presiden. Tapi, yang pasti saat tanggal itu sudah selesai [pembangunan]. Semuanya sesuai target. Tepat waktu sudah 100 persen,” kata dia.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo sudah merampungkan penambahan daya listrik stadion berkapasitas 20.003 kursi single seat itu ditambah dari 53 KVA menjadi 240 KVA. Jumlah itu bisa mencapai 555 KVA apabila ada event dengan skema multiguna. Daya sebesar itu untuk mencukupi 1.500 lampu LED, lift, CCTV, sound system dan lain sebagainya.

Berbagai fasilitas yang nantinya bisa dinikmati para atlet di antaranya ruang ganti pemain yang dilengkapi loker, ruang berendam sauna, ruang pijat, ruang pemanasan, dan ruang medis.

Selain itu, lapangan berstandar Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) dengan rumput jenis Zoysia japonica. Lapangan juga dilengkap sistem water sprinkler sebanyak enam titik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya