SOLOPOS.COM - Direksi PT Mahesa Jenar atau PSIS Semarang meninjau rumput sintetis di Stadion Citarum, Kota Semarang, Senin (27/1/2020). (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Solopos.com, SEMARANG — Stadion Citarum Semarang masih memerlukan sedikit renovasi agar mampu memenuhi standar PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk menggelar laga Liga 1.

Hal itu disampaikan Direktur Teknik PSIS Semarang, Setyo Agung Nugroho, saat menggelar syukuran di Stadion Citarum, Senin (27/1/2020). “Kita kemarin sudah berhitung dan komunikasi dengan PT Liga. Kira-kira apa yang dibutuhkan untuk memenuhi standar mereka. Masih butuh kayak ruang ganti, bench pemain, dan infrastruktur yang lain,” ujar Agung.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Agung menyebut untuk memenuhi standar itu, masih dibutuhkan biaya sekitar Rp2,4 miliar. Jumlah sebanyak itu, hanya dipergunakan untuk memperbaiki ruang ganti pemain, bench pemain, dan tidak termasuk rumput stadion serta lampu penerangan.

“Kalau rumput kan sudah kemarin. Bukan dari kita [perbaikan oleh Pemkot Semarang] kita hanya tinggal infrastruktur penunjang,” ujarnya.

Agung pun mengaku pihaknya siap memenuhi standardisasi PT LIB itu. Meski demikian, pemenuhan standardisasi itu akan dilakukan setelah PT LIB melakukan verifikasi Stadion Citarum.

“Nanti, kita akan lengkapi kalau sudah ada verifikasi dari PT Liga. Untuk saat ini kan belum diverifikasi. Setelah verifikasi kan bisa tahu apa saja yang dibutuhkan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Pertandingan (Panpel) PSIS Semarang, Danur Rispriyanto, menyebut FIFA sudah mengirim surat yang menyatakan lapangan Stadion Citarum sudah layak menggelar pertandingan internasional. “Suratnya sudah tiba Rabu pekan lalu. FIFA sudah menyatakan rumput Stadion Citarum sudah layak menggelar pertandingan,” tutur Danur.

Stadion Citarum merupakan satu dari sekian banyak stadion yang didaftarkan PSIS Semarang untuk menggelar Liga 1. Bahkan, Stadion Citarum disebut sebagai markas PSIS Semarang dalam mengarungi laga Liga 1 musim depan.

Kondisi stadion yang dibangun pada 1984 itu memang sudah mengalami banyak kemajuan setelah direnovasi Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang. Selain tribune penonton, perbaikan juga dilakukan pada rumput lapangan yang diganti dengan bahan sintetis.

PSIS Semarang rencananya menggelar latihan secara reguler di Stadion Citarum. Skuat Mahesa Jenar itu akan menggelar latihan perdana pada 1 Februari 2020 nanti.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya