SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Seoul (Solopos.com)– Korea Selatan (Korsel) akan mengirimkan 52,6 ton cadangan boronnya untuk menstabilkan reaktor nuklir Jepang yang lumpuh. Boron ini akan dicampur dengan air laut untuk membatasi kerusakan reaktor nuklir.

Pejabat Kementerian Ekonomi Korsel menyatakan akan mengirimkan 52,6 ton dari 310 ton cadangan boronnya, seperti dilansir dari Reuters, Rabu (16/3/2011).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pengiriman boron oleh Korsel ini merespon permintaan Jepang sebelumnya, yang meminta material utama ini untuk menghentikan reaksi fisi nuklir. Cadangan boron Jepang sendiri sebagian besar sudah terpakai untuk PLTN Fukushima yang bermasalah setelah gempa.

Boron digunakan sebagai material utama dalam batang reaktor untuk menghentikan atau memperlambat reaksi fisi pada reaktor nuklir. Jepang mencampurkan boron dengan air laut dalam reaktor saat keadaan darurat.

Menurut Wikipedia, boron adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki memiliki lambang B dan nomor atom 5. Boron tidak pernah ditemukan bebas dalam alam.

Selain meminta boron pada Korsel, Jepang juga berancang-ancang akan meminta bantuan langsung militer AS untuk mengatasi krisis nuklir ini.

(dtc/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya