SOLOPOS.COM - Rektor UNS Solo Jamal Wiwoho. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Rektor Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo, Jamal Wiwoho, memberi bocoran kapan Perkuliahan Tatap Muka atau PTM akan dimulai secara penuh di kampus tersebut.

Ia mengatakan mahasiswa dapat kembali mengikuti PTM secara penuh, tepatnya pada awal semester ganjil tahun akademik 2022/2023. Hal tersebut disampaikan Jamal saat meninjau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Fakultas Kedokteran (FK) UNS, Selasa (17/5/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jamal mengatakan saat ini mahasiswa UNS masih mengikuti perkuliahan secara hybrid alias campuran antara daring dan luring. UNS belum melaksanakan PTM secara penuh semenjak pandemi Covid-19 merebak pada Maret 202o lalu.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kita akan memulai kuliah secara luring keseluruhan. Kalau sekarang ini kan masih hybrid dan sekarang ini sudah UTS. Jadi, kami tidak mewajibkan untuk semua masuk,” ujar Jamal melalui siaran pers Bagian Humas UNS, Selasa.

Jamal menerangkan saat ini UNS Solo sedang melakukan persiapan menyambut PTM penuh tersebut terutama sarana dan prasarana (sarpras). Hal itu supaya mahasiswa, tenaga kependidikan (tendik), dan dosen dapat mengikuti PTM penuh dengan baik.

Baca Juga: 26.408 Peserta Ikuti Tes UTBK SBMPTN di UNS Solo

Jamal mengakui persiapan untuk pelaksanaan PTM penuh itu tidaklah mudah. Apalagi setelah dua tahun tidak menyelenggarakan PTM secara penuh. “Secara internal harus ada persiapan supaya pelaksanaannya menjadi lebih baik,” ujarnya.

Seiring dengan itu, Jamal meminta mahasiswa mulai mencari indekos atau kontrakan untuk digunakan selama berkuliah tatap di Kota Solo. Ia menambahkan selama pelaksanaan PTM penuh atau 100% itu, mahasiswa tetap diwajibkan mengikuti protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19.

Prokes itu seperti memakai masker dan sudah divaksinasi Covid-19 dosis 1 dan 2, dan vaksin booster. Syarat-syarat ini masih diberlakukan supaya kampus tidak menjadi klaster persebaran Covid-19. “Saya rasa sekarang harus booster juga. Prokes harus dipenuhi,” tambahnya.

Baca Juga: Peserta UTBK SBMPTN UNS Solo 2022 Tambah 4.023 Orang, Persaingan Ketat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya