SOLOPOS.COM - WeRide Robobus (Antara/WeRide)

Solopos.com, JAKARTA — Jangan kaget jika di Guangshou International Bio Island, China naik minibus Robobus tidak menjumpai pengemudi. Karena kendaraan buatan perusahaam WeRide ini tak berawak, bahkan tanpa roda kemudi, pedal gas dan pedal rem.

Memang minibus Robobus tak berawak ini berbeda dengan mobil otonom listrik yang ada. Minibus ini menghilangkan semua kontrol tradisional seperti roda kemudi, pedal gas, atau pedal rem.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut sebuah laporan oleh Pandaily, dikutip Antara dari Gizmochina, WeRide telah secara resmi memulai operasi layanan Robobus tak berawak ini. Yakni di Guangzhou International Bio Island.

Baca juga: Kecelakaan Maut di Boyolali, Ini Tips Agar Tak Mengantuk Saat Nyetir

WeRide telah memperkenalkan layanan baru setelah dua tahun sukses mengoperasikan layanan komersial Robotaxi (yang pertama di China) di wilayah tersebut.

Robobus adalah kendaraan listrik murni dan memiliki kecepatan tertinggi 40 kilometer per jam. Kendaraan ini dapat mencapai layanan mengemudi tak berawak yang aman dan stabil di sepanjang jalan perkotaan. Termasuk juga jalan bebas hambatan, dan terowongan pada jam-jam sibuk dan dalam kondisi cuaca buruk.

Setelah penelitian lalu lintas harian di Pulau Bio Internasional Guangzhou, Robobus telah membuka dua rute operasi pada tahap pertama. Rencana selanjutnya akan menawarkan layanan di seluruh pulau.

Baca juga: VW Kombi Kembali, Namun Bertenaga Listrik

Robobus beroperasi tujuh hari dalam sepekan, Senin hingga Jumat dari pukul 8.00 hingga 22.00 waktu setempat. Sedangkan pada Sabtu dan Minggu bus beroperasi dari pukul 9.00 hingga 18.00.

Penumpang dapat melihat lokasi real-time dan status berjalan kendaraan di aplikasi “WeRide Go” mereka.

Kendaraan Robobus pada awalnya akan memiliki sukarelawan yang akan membantu penumpang pertama kali. Terutama untuk memahami dan membiasakan diri dengan cara kerja kendaraan otonom.

Sementara pusat dukungan WeRide akan memantau kendaraan secara real-time. Bus juga memiliki tombol rem yang terletak untuk situasi darurat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya