Kategori: Nasional

Ssst! Paus Fransiskus Berkata Vulgar dalam Pemberkatan


Solopos.com/Jafar Sodiq/JIBI/Solopos

Solopos.com, VATIKAN -- Paus Fransiskus atau Pope Fransiskus memang selalu jadi pusat perhatian. Setelah hadir di sampul Majalah Rolling Stone beberapa waktu lalu, Paus kembali menunjukkan sisi cadasnya. Dalam sebuah sesi pemberkatan dia mengucapkan kata dalam bahasa Italia yang setara dengan kata "f**k" dalam bahasa Inggris.

Dalam pidatonya Paus menyampaikan agar umat manusia wajib menjaga perdamaian dan mendoakan mereka tengah menghadapi konflik. Paus juga menyebut Ukraina sebagai salah satu contoh yang perlu “ditolong”.

"Ini harapan saya semua komponen bangsa bisa menoleransi kesalahan dan membangun negara bersama-sama," katanya.

Di tengah-tengah pidatonya dia seharusnya menyebut kata caso yang dalam bahasa Italia berarti contoh. Namun dia malah menyebut “cazzo. Jemaat yang datang bertanya-tanya apakah Paus baru saja mengatakan "cazzo" atau mereka salah dengar.

Dailymail, Senin (3/3/2014), ucapan kasar ini dilontarkan Paus saat memberikan pemberkatan di Vatikan. Pope disebut melontarkan kata “cazzo yang bermakna seperti "f**k".

Meski telah mengaku salah ucap, Paus tetap jadi sorotan media. Media keburu menangkap kesalahan itu dan rekamannya sudah diunggah ke situs berbagi video Youtube. Video ini segera jadi perbincangan panas.

Paus seolah ditegaskan sebagai pemimpin agama yang bisa saja melakukan kesalahan. Banyak yang mengeluarkan guyonan dan menyebut kesalahan ini tidak dapat ditoleransi. Yang menarik, sejumlah komentator mendukung ungkapan “cazzo Paus.

Vatikan enggan mengomentari insiden ini. Di Youtube, video ini telah digandakan menjadi sejumlah video. Salah satunya yang diunggah Riccardodellabonasky dengan judul berbahasa Italia.

Share